Liga Indonesia

Liga 1 Berlanjut, TGIPF: Proses Hukum Tragedi Kanjuruhan Tetap Berjalan!

Senin, 5 Desember 2022 21:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© SuratKabar.id
Menko Polhukam, Mahfud MD. Copyright: © SuratKabar.id
Menko Polhukam, Mahfud MD.

INDOSPORT.COM - Pemerintah dan Kepolisian secara resmi memberikan izin lanjutan putaran pertama Liga 1 Indonesia 2022-2023 yang bergulir mulai hari ini, Senin (5/12/22), dengan format bubble di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. 

Menko Polhukam Mahfud MD selaku Ketua Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan menyebut bahwa izin Liga 1 diberikan karena hampir semua rekomendasi telah dijalankan.

Dia menjelaskan, Liga 1 dilanjutkan tanpa penonton. Pihak Kepolisian juga telah menjamin keamanan berdasarkan Perpol nomor 10 tahun 2022. 

"Liga 1 akan diselesaikan sesuai jadwal yang telah ditentukan. PSSI, pemerintah, dan Menpora akan mengendalikannya. Kapolri sudah menjamin segi keamanannya," kata Mahfud MD.

"Penyelesaian liga ini diizinkan tanpa ada penonton. Ada pun follow-up dari temuan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta itu hampir semuanya sudah berjalan," imbuhnya.

Lebih lanjut, Mahfud menegaskan bahwa TGIPF akan terus mengawal proses reformasi sepak bola nasional, termasuk Tragedi Kanjuruhan. Sudah ada pembicaraan dengan FIFA dan PSSI yang wajib dilaksanakan.

"Bersama dengan itu, reformasi persepakbolaan nasional khususnya PSSI terus itu berlangsung sesuai dengan pembicaraan pemerintah dengan FIFA dan PSSI," tuturnya

"Kemudian proses-proses hukum yang sedang berjalan akan terus berjalan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Semua yang disampaikan oleh TGIPF itu sejauh menyangkut internal kita pemerintahan itu sudah mulai berjalan untuk perbaikan ke depan," imbuh Mahfud MD.