Piala Dunia 2022

Son Heung-min dan Korea Selatan di Piala Dunia: Mengulang Kejayaan di Pakansari?

Senin, 5 Desember 2022 13:22 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Korean Times
Bintang Tottenham Hotspur, Son Heung-min merupakan nyawa Korea Selatan di Piala Dunia 2022. Akankah sang pemain bisa mengulang kejayaan di Stadion Pakansari? Copyright: © Korean Times
Bintang Tottenham Hotspur, Son Heung-min merupakan nyawa Korea Selatan di Piala Dunia 2022. Akankah sang pemain bisa mengulang kejayaan di Stadion Pakansari?

INDOSPORT.COM - Bintang Tottenham Hotspur, Son Heung-min merupakan nyawa Korea Selatan di Piala Dunia 2022. Akankah sang pemain bisa mengulang kejayaan di Stadion Pakansari?

Seperti diketahui, Son Heung-min menjadi andalan Timnas Korea Selatan sejak 2010 silam. Ia pernah tampil membela Taeguk Warriors di Piala Dunia edisi 2014 dan 2018 lalu.

Namun sayang, dalam dua edisi tersebut, Korea Selatan gagal lolos ke babak 16 besar. Saat Piala Dunia 2014, Son Heung-min dkk finis sebagai juru kunci klasemen Grup H.

Mereka kalah 0-1 dari Belgia, ditekuk Aljazair 2-4 dan ditahan imbang 1-1 oleh Rusia. Di edisi tersebut, Son Heng-min mampu mengoleksi satu gol.

Kemudian di Piala Dunia 2018 Rusia, Taeguk Warriors juga gagal lolos dari fase grup. Mereka harus takluk 0-1 dari Swedia dan menyerah 1-2 saat bersua Meksiko.

Akan tetapi, Korea Selatan yang kala itu diasuh oleh Shin Tae-yong sempat membuat kejutan di pertandingan terakhir Grup F.

Mereka berhasil mempermalukan Jerman dengan skor 2-0. Son Heung-min tampil mengesankan di edisi 2018 lalu dengan mencetak dua gol dalam tiga laga.

Setelah Piala Dunia selesai, tugas Son Heung-min belum selesai. Ia ditunjuk menjadi salah satu pemain senior untuk menemani Timnas Korea Selatan U-23 tampil di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Adanya bintang Tottenham Hotspur tersebut membuat skuat Taeguk Warriors mendapat jalan mulus ke partai final. Namun, mereka harus dihadang Jepang di laga puncak di Stadion Pakansari pada Sabtu (01/9/18) lalu.

Dengan susah payah, Korea Selatan akhirnya mampu mendapatkan medali emas. Son Heung-min dkk berhasil menundukan Jepang dengan skor 2-1 lewat babak tambahan waktu.

Sementara itu, di Piala Dunia 2022 permainan Korea Selatan semakin berkembang. Mereka secara mengejutkan sukses lolos ke babak 16 besar dengan berstatus sebagai runner up Grup H.

Meski belum mencetak gol, Son Heung-min berhasil tampil hebat sebagai kapten. Ia mampu membawa pasukan Paulo Bento menang dramatis atas Portugal di laga pamungkas dengan skor 2-1.

Di babak 16 besar, Korea Selatan bakal dihadang oleh lawan kuat yakni sang juara Piala Dunia lima kali, Brasil. Mampukah Son Heung-min bisa mengulang kejayaan saat meraih medali emas Asian Games 2018?

Artikel ini disponsori oleh KACANG DUA KELINCI, teman nonton bola.