Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022, Akhir Pengabdian Panjang Oliver Bierhoff untuk Sepak Bola Jerman

Selasa, 6 Desember 2022 10:40 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Alex Grimm/Getty Images for DFB
Oliver Bierhoff mundur dari DFB setelah Timnas Jerman tersingkir di Piala Dunia 2022. Foto: 	Alex Grimm/Getty Images for DFB. Copyright: © Alex Grimm/Getty Images for DFB
Oliver Bierhoff mundur dari DFB setelah Timnas Jerman tersingkir di Piala Dunia 2022. Foto: Alex Grimm/Getty Images for DFB.

INDOSPORT.COM - Oliver Bierhoff mengakhiri pengabdiannya selama 18 tahun di federasi sepak bola Jerman setelah timnas mereka gagal total di Piala Dunia 2022.

Seperti diketahui, Jerman tersingkir secara cukup memalukan di edisi Piala Dunia kali ini setelah finis di peringkat tiga klasemen Grup E.

Mereka secara mengejutkan kalah dari Jepang di matchday pertama, yang benar-benar di luar dugaan. Hingga partai pamungkas, mereka pun hanya mengantongi 4 poin dan gagal melaju ke 16 besar.

Menyusul kegagalan Manuel Neuer dkk, orang-orang yang berada di lingkungan federasi sepak bola Jerman pun kena getahnya.

Mulai dari Hansi Flick yang jabatannya terancam, hingga kini Oliver Bierhoff yang lengser dari jabatan direktur teknik.

Pemutusan kerja sama Oliver Bierhoff dan DFB sendiri telah diumumkan di halaman resmi federasi, dan diambil atas kesepakatan bersama.

“Oliver Bierhoff dan DFB telah setuju untuk mengakhiri kontrak yang sejatinya berlaku hingga 2024,” demikian bunyi pernyataan resmi federasi.

Lengsernya mantan pemain Borussia Monchengladbach dan AC Milan tersebut, sekaligus mengakhiri masa baktinya untuk DFB selama kurang lebih 18 tahun.

Ya, 18 tahun yang pada akhirnya tamat juga di Piala Dunia 2022. Meski Timnas Jerman gagal di Qatar setelah tampil buruk di Rusia 2018, Oliver Bierhoff sudah sangat berjasa selama menjabat di DFB.

Ia pertama bergabung pada tahun 2004, kemudian mengambil peran sebagai direktur timnas serta akademi pada 2018.