Liga Indonesia

Profil Ridho Syuhada: Pencetak Gol Termuda di Liga 1 2022, Ternyata Jebolan Inggris!

Selasa, 6 Desember 2022 14:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Garuda Select
Pemain Garuda Select, Ridho Syuhada baru saja mencetak gol dalam laga debutnya bersama PSIS Semarang di Liga 1 2022/23. Copyright: © Garuda Select
Pemain Garuda Select, Ridho Syuhada baru saja mencetak gol dalam laga debutnya bersama PSIS Semarang di Liga 1 2022/23.

INDOSPORT.COM - Berikut profil Ridho Syuhada Putra, pencetak gol termuda di Liga 1 2022/23 dan membawa skuad PSIS Semarang menang atas Madura United FC.

Sebagaimana diketahui, kompetisi Liga 1 akhirnya kembali dihelat setelah vakum dua bulan usai Tragedi Kanjuruhan.

Salah satu pertandingan perdana yang dihelat pada pekan ke-12 ini adalah Madura United vs PSIS Semarang, Senin (05/12/22).

Bertanding di Stadion Manahan Solo, PSIS Semarang sukses membekuk Laskar Sapeh Kerrap dengan skor telak 3-0 tanpa balas.

Gol perdana dilesakkan oleh Jonathan Cantillana lewat sepak penalti. Gol kedua datang dari Fredyan Wahyu, dan gol ketiga dari pemain pengganti, Ridho Syuhada.

Jonathan Cantillana dan Fredyan Wahyu barangkali sudah memiliki nama besar di kancah sepak bola nasional. Lantas, siapa sosok Ridho Syuhada dari PSIS Semarang?

Perlu diketahui, pemilik nama lengkap Ridho Syuhada Putra itu adalah pemain binaan Akademi PSIS Semarang yang baru saja dipromosikan ke tim senior di Liga 1 2022/23.

Ridho Syuhada merupakan pesepak bola kelahiran Kuantan Siningi, Riau, pada 18 Juni 2004. Saat ini ia tercatat berusia 18 tahun.

Lahir di Sumatera, Ridho Syuhada justru mulai mengenyam sekolah sepak bola di Kalimantan. Ia masuk SSB Gasela Lamandau pada usia 8 tahun. Berselang tiga tahun, Ridho pindah ke SSB Kobar Muda, Pangkalan Bun.

Kemudian, sejak lulus dari bangku sekolah dasar (SD), Ridho mantap memilih tinggal sendiri di luar kota untuk menimba ilmu sepak bola, tanpa orang tua, tanpa kerabat. Ia beranjak untuk merantau ke Pulau Jawa.