Bola Internasional

Profil Pemain Garuda Select 3: Ridho Syuhada, Petualang dari PSIS Semarang

Rabu, 13 Januari 2021 10:02 WIB
Penulis: Martini | Editor: Lanjar Wiratri
© Garuda Select
Pemain Garuda Select 3, Ridho Syuhada. Copyright: © Garuda Select
Pemain Garuda Select 3, Ridho Syuhada.

INDOSPORT.COM - Berikut adalah profil pemain Garuda Select 3, Ridho Syuhada, wonderkid dengan mental baja dari PSIS Semarang. Demi mengejar impian menjadi pesepak bola, Ridho kerap berpetualang.

Meski Ridho Syuhada lolos seleksi Garuda Select 3 sebagai wakil dari PSIS Semarang, namun pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini merupakan seorang pesepak bola kelahiran Kuantan Siningi, Riau.

Ayah Ridho berasal dari Medan, Sumatera Utara, sementara sang Ibu berasal dari Aceh. Menariknya, kedua orang tua Ridho memang merupakan penggemar Si Kulit Bundar, dan menularkannya kepada Ridho sejak usia dini.

"Papa memang senang sepak bola. Saat mama mengandung, sering diajak menonton sepak bola. Bahkan ketika pertama kali bisa jalan, saya sudah langsung dikasih bola," ungkap Ridho dalam situs Garuda Select.

Lahir di Sumatera, Ridho Syuhada justru mulai mengenyam sekolah sepak bola di Kalimantan. Ia masuk SSB Gasela Lamandau di usia 8 tahun. Berselang tiga tahun, Ridho pindah ke SSB Kobar Muda, Pangkalan Bun.

Kemudian, sejak lulus dari bangku sekolah dasar (SD), Ridho mantap memilih tinggal sendiri di luar kota untuk menimba ilmu sepak bola, tanpa orangtua, tanpa kerabat. Ia pun beranjak untuk merantau ke Pulau Jawa.

"Waktu itu mama tanya 'mau SMP di mana?'. Saya memilih di Jawa karena sepak bola di sana lebih maju. Orang tua sempat khawatir karena kami tidak punya kerabat sama sekali," kenang Ridho Syuhada. 

"Saya bilang 'tidak apa-apa, kita cari akademi yang ada asramanya'. Ternyata pelatih saya punya kenalan di Semarang. Kemudian saat liburan tengah semester, saya dan orang tua langsung ke sana dan melihat salah satu akademi, Akademi Satria Kencana Serasi." 

Tekad yang kuat itu akhirnya membuahkan hasil. Ridho Syuhada kemudian lolos seleksi di skuat PSIS Semarang U-16. Gelandang kelahiran tahun 2004 itu juga sempat ikut latihan bersama skuat U-18 dan U-20.

Tampil apik dalam Elite Pro Academy, Ridho Syuhada akhirnya dipanggil untuk seleksi Garuda Select. Bak gayung bersambut, pelatih Dennis Wise dan Des Walker juga terpukau dengan kemampuan Ridho.

Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan, Ridho pun bertekad untuk menimba banyak ilmu saat bergabung dalam skuat Garuda Select di Inggris, dan berharap bisa menyusul Bagus Kahfi untuk bermain di klub Eropa.

"Tentunya saya ingin mendapatkan ilmu dan pengalaman sebanyak mungkin agar bisa berkembang, masuk Timnas Indonesia, dan punya mimpi bermain untuk klub Eropa."

Ridho Syuhada bersama 20 pemain Garuda Select asal Indonesia akan menjalani latihan intensif serta uji coba dengan berbagai klub sepak bola Eropa, hingga Mei 2021 nanti, di bawah arahan Dennis Wise dan Des Walker.