Piala Dunia 2022

Hasil Piala Dunia 2022 Maroko vs Spanyol: Singa Atlas Terkam Tim Matador

Rabu, 7 Desember 2022 00:47 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© REUTERS/Bernadett Szabo
Selebrasi para pemain Maroko usai menang atas Spanyol dalam drama adu penalti di babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Bernadett Szabo). Copyright: © REUTERS/Bernadett Szabo
Selebrasi para pemain Maroko usai menang atas Spanyol dalam drama adu penalti di babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Bernadett Szabo).

INDOSPORT.COM - Pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Maroko vs Spanyol, Selasa (06/12/22) di Stadion Edukasi berhasil dimenangkan oleh Maroko dengan skor 3-0 lewat drama adu penalti setelah bermain imbang 0-0 di waktu normal.

Spanyol menguasai jalannya pertandingan sejak menit awal, sementara Maroko dipaksa untuk bermain bertahan. Meski demikian, Maroko sesekali melakukan serangan balik yang dibangun oleh Hakim Ziyech.

Sayangnya, pergerakkan Ziyech selalu mendapat penjagaan ketat dari pemain Spanyol, sehingga upayanya tak mampu membuahkan hasil. Begitu pula dengan Spanyol yang kesulitan menembus lini pertahanan Maroko di babak pertama. Skor 0-0 tak berubah di paruh babak pertama.

Di pertengahan babak kedua, jalannya pertandingan semakin sengit dan menarik. Duel fisik tak terhindarkan dalam pertandingan ini yang membuat tensi laga semakin tegang.

Namun lagi-lagi tak ada gol yang tercipta di akhir babak kedua. Skor 0-0 memaksa kedua tim melanjutkan pertandingan ke perpanjangan waktu.

© REUTERS/Wolfgang Rattay
Pemain bintang Maroko, Hakim Ziyech (tengah) dijaga ketat oleh pemain Spanyol, Dani Olmo (kanan) dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Wolfgang Rattay). Copyright: REUTERS/Wolfgang RattayPemain bintang Maroko, Hakim Ziyech (tengah) dijaga ketat oleh pemain Spanyol, Dani Olmo (kanan) dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Wolfgang Rattay).

Bermain di 2x15 menit, para pemain Maroko dan Spanyol sudah mulai banyak yang kram, sehingga mereka mulai bermain lebih berhati-hati. Meski demikian, kedua tim tetap mencoba untuk mendapatkan kemenangan, namun pada akhirnya skor 0-0 masih tak berubah hingga memaksa kedua tim harus melewati drama adu penalti.

Dramat adu penalti pun secara tak terduga berhasil dimenangkan Maroko dengan skor 3-0 dan berhak melaju ke babak perempatfinal Piala Dunia 2022.

Tiga Pemain Maroko yang sukses menjadi algojo adalah Abdelhamid Sabiri, Hakim Ziyech, dan Achraf Hakimi. Badr Banoune menjadi satu-satunya pemain Maroko yang gagal mengeksekusi setelah tembakannya ditangkap oleh kiper Spanyol, Unai Simon.

Sementara tiga penendang Spanyol lainnya gagal menjalankan tugasnya dengan baik, Pablo Sarabia tembakannya melebar, dan tembakan Carlos Soler serta kapten Sergio Busquets mampu diantisipasi dengan baik oleh kiper Maroko, Yassine Bounou.

Kemenangan ini membuat Maroko berhasil melaju ke babak perempatfinal Piala Dunia 2022 dan menunggu calon lawan mereka yang berasal dari pemenang dalam laga Portugal vs Swiss.

Babak Pertama

Timnas Spanyol langsung mengusung permainan cepat begitu peluit tanda dimulainya kick off babak pertama dibunyikan.

Tim La Furia Roja memberikan tekanan ke lini pertahanan Maroko dari kedua sisi lapangan dengan permainan satu -dua sentuhan yang membuat mereka harus fokus menjaga gawang agar tidak kebobolan.

Memasuki pertengahan babak, Maroko mulai memanas. Mereka pun tak ingin terus-terusan diserang, sehingga mencoba mengambil inisiatif melakukan serangan balik yang dibangun oleh bintang mereka, Hakim Ziyech.

Meski pemain Chelsea ini mampu beberapa kali menusuk lini pertahanan Spanyol, sayangnya beberapa upayanya tak membuahkan hasil karena solidnya lini pertahan dari Tim Matador.

Begitu pula dengan Spanyol, mereka juga tak mampu mendapatkan gol di paruh babak pertama sehingga skor 0-0 tak berubah hingga turun minum.

Babak Kedua

Di awal babak kedua, baik Maroko maupun Spanyol sempat memainkan tempo permainan yang lambat. Namun saat memasuki pertengahan lagi, keduanya baru mulai memanas dengan melakukan jual-beli serangan.

Duel fisik pun tak terhindarkan sehingga membuat jalannya pertandingan semakin sengit dan menarik untuk ditonton.

© REUTERS/Bernadett Szabo
Duel fisik terjadi antara striker Spanyol, Marco Asensio (kanan) dengan bek Maroko, Roman Saiss dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Bernadett Szabo). Copyright: REUTERS/Bernadett SzaboDuel fisik terjadi antara striker Spanyol, Marco Asensio (kanan) dengan bek Maroko, Roman Saiss dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Bernadett Szabo).

Spanyol yang mampu menguasai jalannya pertandingan di babak kedua tak mampu menembus rapatnya lini pertahanan yang dibangun oleh Maroko. Kedua tim pun kembali bermain imbang 0-0 di babak kedua dan pertandingan harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Skema permainan di perpanjangan waktu 2x15 menit pun tak jauh berbeda di waktu normal. Spanyol masih mendominasi pertandingan namun tak mampu mencetak gol, begitu pula dengan seranan balik yang dibangun Maroko tak membuahkan hasil.

Hingga akhirnya, adu penalti pun dilakukan dan berhasil dimenangkan oleh Maroko dengan skor 3-0.

SUSUNAN PEMAIN MAROKO VS SPANYOL DI PIALA DUNIA 2022

Maroko (4-3-3)

Bono; Achraf Hakimi, Nayef Aguerd, Romain Saiss, Noussair Mazraoui; Azzedine Ounahi, Sofyan Amrabat, Selim Amarallah; Hakim Ziyech, Youssef En-Nesyri, Sofiane Boufal

Cadangan: Munir, Ahmed Reda Tagnaouti, Jawad El Yamiq, Achraf Dari, Badr Benoun, Yahia Attiyat Allah, Anass Zaroury, Ilias Chair, Zakaria Aboukhlal, Bilal El Khannouss, Yahya Jabrane, Abderazak Hamdallah, Abdelhamid Sabiri, Abdessamad Ezzalzouli, Walid Cheddira

Pelatih: Walid Regragui

Spanyol (4-3-3)

Unai Simon; Jordi Alba, Aymeric Laporte, Rodri, Marcos Llorente; Pedri, Sergio Busquets, Gavi; Dani Olmo, Marco Asensio, Ferran Torres

Cadangan: Robert Sanchez, David Raya, Cesar Azpilicueta, Eric Garcia, Pau Torres, Alejandro Balde, Hugo Gullarmon, Dani Carvajal, Koke, Carlos Soler, Alvaro Morata, Nicholas Williams, Yeremi Pino, Pablo Sarabia, Ansu Fati

Pelatih: Luis Enrique

Artikel ini disponsori oleh KACANG DUA KELINCI, teman nonton bola.