Liga Indonesia

Liga 1: Rans Nusantara FC Dibantai Persis, Begini Pembelaan Rahmad Darmawan

Rabu, 7 Desember 2022 18:55 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Petrus Manus Da' Yerimon/Indosport.com
Rahmad Darmawan, pelatih Rans Cilegon FC. Foto: Petrus Manus Da' Yerimon/Indosport.com Copyright: © Petrus Manus Da' Yerimon/Indosport.com
Rahmad Darmawan, pelatih Rans Cilegon FC. Foto: Petrus Manus Da' Yerimon/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Rans Nusantara FC menelan kekalahan telak 1-6 dari Persis Solo dalam laga pekan ke-12 Liga 1 Indonesia 2022-2023 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (6/12/22). 

Inilah kekalahan keenam tim milik Raffi Ahmad tersebut di musim debut kasta teratas. Rans FC tertinggal cepat di babak pertama setelah gelandang Persis, Sutanto Tan, mencetak gol menit ke-4. 

Lalu, Ryo Matsumura mengggandakan skor pada menit ke-21 dan Fernando Rodriguez 13 menit berselang (34'). Bek Rans Fadilla Akbar kemudian melakukan gol bunuh diri (39') sekaligus menambah keunggulan Persis menjadi 4-0 di babak pertama. 

Di babak kedua, Rans FC belum juga bisa keluar dari tekanan. Persis Solo kembali tambah keunggulan via aksi Ryo Matsumura (49'), lalu di akhir gol Samsul Arif (90+3'). Satu-satunya gol mereka disarangkan Makan Konate (75').

Pelatih Rans Nusantara FC, Rahmad Darmawan, mengatakan anak asuhnya sudah bekerja keras. Tapi, Persis bermain lebih baik, sehingga bisa membongkar pertahanan timnya.

Juru taktik yang akrab disapa Coach RD itu menegaskan akan bertanggung jawab atas kekalahan telak kemarin sore. Dia mencanangkan pembenahan.

"Selamat buat Persis yang menang telak atas kami. Terima kasih buat pemain, kami saya bersyukur mereka main sampai akhir tanpa ada yang cedera, mereka sudah berusaha keras untuk menyamakan kedudukan sejak babak pertama. Saya tak mau komentar banyak soal ini," ujarnya.

"Semua ini tanggung jawab saya. Saya ingin katakan sepak bola itu butuh persiapan dan latihan. Sebetulnya tak masalah vakum dua bulan, tim lain juga sama. Yang membedakan masa persiapan. Tapi mereka sudah berusaha," imbuhnya.

Sementara itu, winger Rans FC, David Laly, bersyukur bisa kembali berkompetisi, namun juga kecewa dengan hasil pertandingan melawan Persis Solo.

"Kami bersyukur bisa kembali bertanding setelah istirahat lama. Seperti yang coach bilang tadi, laga tidak mudah dan tidak ada yang cedera itu yang paling penting," tuturnya.

"Hasil ini menjadi pelajaran buat kami untuk laga berikutnya, agar kami lebih kuat lagi," tuntas eks bintang Madura United tersebut.