Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022: Jelang Kroasia vs Brasil, FIFA Beri Sanksi Modric dan Timnya karena Xenophobia

Kamis, 8 Desember 2022 22:21 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Marko Djurica
Jelang laga perempat final Kroasia vs Brasil di Piala Dunia 2022, FIFA memberi sanksi kepada The Blazers karena xenophobia dimana suporter melecehkan kiper Kanada, Milan Borjan. (Foto: REUTERS/Marko Djurica). Copyright: © REUTERS/Marko Djurica
Jelang laga perempat final Kroasia vs Brasil di Piala Dunia 2022, FIFA memberi sanksi kepada The Blazers karena xenophobia dimana suporter melecehkan kiper Kanada, Milan Borjan. (Foto: REUTERS/Marko Djurica).

INDOSPORT.COM – Jelang laga perempat final Kroasia vs Brasil di Piala Dunia 2022, FIFA beri sanksi The Blazers akibat xenophobia dimana suporter melecehkan kiper Kanada, Milan Borjan yang memiliki ikatan etnis dengan Serbia.

Sebagai informasi, Kroasia akan menghadapi Brasil di babak perempat final Piala Dunia 2022 yang akan digelar pada Jumat (09/12/22), mulai pukul 22.00 WIB.

Sebelumnya, Kroasia berhasil melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2022, setelah berhasil mengalahkan Jepang dengan skor 4-2 melalui adu penalti.

FIFA resmi memberikan denda kepada Luca Modric cs sebanyak 50.580 pounds atau setara dengan Rp952 juta, karena kasus pelecehan kepada Milan Borjan dalam laga Kroasia vs Kanada di Piala Dunia 2022.

FIFA memberikan sanksi kepada Kroasia karena penggunaan kata-kata dengan mengirimkan pesan yang kurang pantas dalam turnamen atau ajang olahraga.

Suporter Kroasia menyanyikan lagu rasis (xenophobia) kepada kiper Kanada, Milan Borjan yang merupakan keturunan Serbia yang lahir di Kroasia namun diketahui telah meninggalkan negara tersebut sejak kecil.

Sebagai informasi, Milan Borjan merupakan kiper andalan Kanada yang saat ini membela tim Red Star Belgrade yang merupakan klub papan atas Serbia.

Oleh sebab itu, penggemar tim asuhan Zlatco Dalik tidak terlalu menyukai Milan Borjan karena hubungan Kroasia dengan Serbia memang tak terlalu bagus.

Hal ini disebabkan oleh Perang Kroasia yang bergulir pada 1991-1995 yang terjadi antara polisi di negara tersebut dengan penduduk asli Serbia.

Selain Kroasia, FIFA juga memberikan denda kepada federasi Serbia sebanyak 20.230 pounds setara dengan Rp384 juta karena spanduk politik yang dipajang di ruang ganti kala laga melawan Brasil.