Piala Dunia 2022

Resmi! Luis de la Fuente Gantikan Enrique sebagai Pelatih Spanyol

Kamis, 8 Desember 2022 23:22 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Yohanes Ishak
© REUTERS/Molly Darlington
Luis Enrique resmi mengundurkan diri dari kursi kepelatihan tim nasional Spanyol, setelah gagal membuat La Furia Roja menembus final Piala Dunia 2022. (Foto: REUTERS/Molly Darlington) Copyright: © REUTERS/Molly Darlington
Luis Enrique resmi mengundurkan diri dari kursi kepelatihan tim nasional Spanyol, setelah gagal membuat La Furia Roja menembus final Piala Dunia 2022. (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

INDOSPORT.COM – Luis Enrique resmi mengundurkan diri dari kursi kepelatihan tim nasional Spanyol, setelah gagal membuat La Furia Roja menembus final Piala Dunia 2022.

Meski sejatinya Luis Enrique mampu membawa Spanyol lolos dari babak penyisihan grup E Piala Dunia 2022 di Qatar. Itupun, Sergio Busquets cs hanya finis di tempat kedua.

Namun, Timnas Spanyol gagal melangkah dari babak 16 besar Piala Dunia 2022, setelah dikalahkan Maroko, di babak adu penalti.

Luis Enrique sendiri mulai menangani Spanyol sejak 2018 lalu, serta mencatatkan 45 pertandingan, dengan membukukan 25 kemenangan, 11 hasil imbang, dan 9 kali kalah.

Kendati demikian, banyak kritik yang tertuju kepada Enrique, sejak dirinya memilih skuat Timnas Spanyol untuk turut serta dalam Piala Dunia 2022.

Dengan kegagalan yang didapatkan dalam perhelatan terakbar yang digelar selama 4 tahun sekali tersebut, dirinya membulatkan tekat untuk mundur dari kursi kepelatihan La Furia Roja, julukan Timnas Spanyol.

Melansir dari Diario Sport, mundurnya Luis Enrique menjadi pelatih disampaikan oleh Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), untuk memajukan sepak bola La Furia Roja ke arah yang lebih baik.

“Manajemen olahraga RFEF telah menyampaikan kepada presiden sebuah laporan di mana proyek baru harus dimulai untuk Tim Sepak Bola Spanyol,” terang RFEF dari Diario Sport.

“(Hal itu) dengan tujuan melanjutkan pertumbuhan yang dicapai dalam beberapa tahun terakhir berkat pekerjaan yang dilakukan oleh Luis Enrique dan rekan-rekannya,” tambah RFEF.

Dengan demikian, Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) menunjuk Luis de la Fuente untuk kekosongan kursi kepelatihan Timnas Spanyol.