Liga Indonesia

Ambisi Yoyok Sukawi di Liga 1: Saya Ingin Buat PSIS Semarang seperti Manchester United

Jumat, 9 Desember 2022 17:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Anggota Komisi X DPR RI, A.S. Sukawijaya atau yang akrab disapa Yoyok Sukawi, juga merupakan CEO PSIS Semarang. Copyright: © Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Anggota Komisi X DPR RI, A.S. Sukawijaya atau yang akrab disapa Yoyok Sukawi, juga merupakan CEO PSIS Semarang.

INDOSPORT.COM - Kompetisi Liga 1 Indonesia 2022-2023 kembali bergulir selepas Tragedi Kanjuruhan. CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi ingin membangun mimpinya lagi.

Sebelumnya, Yoyok Sukawi mengaku telah menjalankan proyek jangka panjang, yakni kembali ke Stadion Jatidiri, dan merekrut beberapa pemain asing terbaik di Liga 1.

"Lima tahun lalu, saat PSIS promosi ke Liga 1, kita sudah punya program jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang," jelas Yoyok di Youtube Chandra Margatama.

"Jangka panjangnya apa? Suatu hari, saat PSIS Semarang kembali pulang ke Jatidiri, stadion sendiri, kita akan kejar papan atas."

"Cara kejar papan atas itu ya membeli pemain bagus, Taisei Marukawa, Carlos Fortes, itu sebenarnya program jangka panjang, bukan hal baru," terangnya.

Yoyok Sukawi menegaskan jika musim ini target PSIS Semarang adalah menjadi juara Liga 1 atau minimal meraih titel runner up.

Hanya saja, meskipun Stadion Jatidiri sudah selesai renovasi, namun tim PSIS Semarang belum tentu main di markas mereka sendiri.

Pasalnya, setelah Tragedi Kanjuruhan, Liga 1 digelar terpusat di Jawa Tengah dan Jogja, dan hanya memakai lima stadion yang telah diverifikasi, salah satunya Stadion Jatidiri.

Namun, Stadion Jatidiri dipakai secara bergiliran, jadi belum tentu Laskar Mahesa Jenar bisa bermain di sana. Apalagi, laga putaran awal masih dihelat tanpa penonton.

"Begitu kita kembali (ke Jatidiri), PSIS ingin bersaing di lima besar. Sekarang kita sudah bisa bersaing di lima besar, tapi target kita tahun ini sebenarnya AFC, berarti harus runner up atau juara Liga," tegas Yoyok.