Liga Indonesia

Banting Setir Jadi Agen, Maitimo Ingin Angkut Pemain Belanda ke Liga 1

Sabtu, 10 Desember 2022 19:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Media PSM Makassar
Raphael Maitimo saat berseragam PSM Makassar. Copyright: © Media PSM Makassar
Raphael Maitimo saat berseragam PSM Makassar.

INDOSPORT.COM - Raphael Maitimo telah gantung sepatu sebagai pesepak bola profesional. Dia lantas mencoba petualangan baru menjadi seorang agen pemain.

Maitimo memang memutuskan gantung sepatu karena faktor usai. Pemain naturalisasi ini menilai usianya yang sudah menginjak 38 tahun akan kurang berkontribusi bila masih memaksa bermain.

Kini, setelah memutuskan gantung sepatu, pria kelahiran Belanda ini mengaku tak akan meninggalkan dunia sepak bola yang telah membesarkan namanya.

Setidaknya, Raphael Maitimo akan menjadi seorang agen yang membawa pemain dari luar negeri untuk bermain di Indonesia maupun sebaliknya. Dia seperti ketularan pemain naturalisasi lain yang notabene legenda Persib Bandung, Sergio van Dijk.

"Saya akan tetap di industri sepak bola dengan menjadi agen. Tak hanya di Indonesia tetapi juga internasional, seperti Sergio van Dijk," ucap Raphael Maitimo ketika berbincang dengan INDOSPORT beberapa waktu lalu.

Maitimo pun tidak menutup peluang dirinya akan membawa asal Belanda untuk bermain di Liga Indonesia. Tetapi, dia akan melihat konsistensi Liga 1 bergulir terlebih dulu.

"Bisa jadi (bawa pemain Belanda) pasti ada targetnya, tapi lihat dulu Liga 1. Kalau bisa nanti saya proses untuk membawa pemain Belanda ke Indonesia," jelas pemain kelahiran Rotterdam tersebut.

Namun, Maitimo menilai untuk pemain Belanda yang masih muda lebih baik fokus di Eropa terlebih dulu. Bila sudah di atas 25 tahun baru mulai melirik Indonesia atau Asia Tenggara sebagai solusi karier mereka.

"Memang semua tergantung situasi. Kalau masih muda memang lebih baik pemain fokus di Eropa. Tapi kalau sudah di atas 25 tahun sepak bola Indonesia atau Asia Tenggara bisa menjadi opsi karier mereka," tukas Raphael Maitimo.