Piala Dunia 2022

Hasil Pertandingan Piala Dunia 2022 Belanda vs Argentina: Dramatis! Gol Messi Bantu Tim Tango Menang

Sabtu, 10 Desember 2022 04:59 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Hendro Hardiyanto/INDOSPORT
Lionel Messi jadi pahlawan Argentina dalam kemenangan 2-4 melalui adu penalti (2-2) atas Belanda pada partai perempat final Piala Dunia 2022, Sabtu (10/12/22) dini hari WIB di Lusail Stadium. Copyright: © Hendro Hardiyanto/INDOSPORT
Lionel Messi jadi pahlawan Argentina dalam kemenangan 2-4 melalui adu penalti (2-2) atas Belanda pada partai perempat final Piala Dunia 2022, Sabtu (10/12/22) dini hari WIB di Lusail Stadium.

INDOSPORT.COM – Lionel Messi jadi sosok penting dalam kemenangan 3-4 Argentina atas Belanda melalui adu penalti (2-2) pada partai perempat final Piala Dunia 2022, Sabtu (10/12/22) dini hari WIB di Lusail Stadium.

Di pertandingan tersebut, Lionel Messi sukses cetak satu gol serta memberikan satu assists yang membuat Argentina pastikan diri lolos ke babak semifinal Piala Dunia 2022.

Gol pembuka Argentina di pertandingan ini dicetak oleh Nahuel Molina usai menyambar umpan manis Messi pada menit ke-35’. Albiceleste mampu memperbesar kedudukan melalui penalti Lionel Messi pada ke-73’ babak kedua.

Bagi Lionel Messi, ini merupakan gol keempatnya pada ajang Piala Dunia 2022 dan membuat nama sang mega bintang bertengger di urutan dua top skor sementara.

Jelang pertandingan berakhir, Belanda sempat membuat kejutan dengan cetak dua gol balasan melalui brace Wout Weghorst pada menit ke-83' serta 90+11'.

Hingga peluit panjang berbunyi, skor sama kuat 2-2 tetap bertahan dan membuat kedua laga Belanda vs Argentina di perempat final Piala Dunia 2022 berlanjut ke masa extra time.

Pada babak tambahan, Argentina dan Belanda sama-sama menekan namun sayangnya tidak ada gol yang tercipta hingga 2x15 menit laga berjalan. Pertandingan pun harus ditentukan lewat adu penalti.

Laga pun kembali dilanjutkan ke adu penalti. Pada babak tos-tosan, Lionel Messi kembali jadi pahlawan berkat gol pembuka yang membuat Argentina tampil penuh percaya diri untuk raih kemenangan.

Argentina sukses pastikan tiket ke semifinal setelah empat penendang mereka mampu menjalankan tugas, sedangkan dua eksekutor Belanda gagal mencetak gol.

Pada babak empat besar nanti, Argentina akan menghadapi Kroasia yang sebelumnya juga sukses raih kemenangan saat melawan Brasil.

Jalannya Pertandingan
Di awal-awal pertandingan, baik Argentina maupun Belanda sama-sama saling bermain terbuka dan hasilkan sejumlah peluang.

Pada menit ke-22’, Lionel Messi hampir menjebol gawang Belanda andai sepakannya tidak terlalu keras dan melambung diatas mistar gawang.

Dua menit berselang, giliran Belanda yang mengancam melalui tembakan Memphis Depay. Namun, bola juga sepakannya juga masih terlalu melebar dari sasaran.

Di menit ke-35’, Argentina akhirnya sukses membuka skor melalui sontekan Nahuel Molina yang berhasil memanfaatkan umpan tarik Lionel Messi. Skor 0-1 buat Tim Tango yang bertahan hingga babak pertama usai.

© REUTERS-Paul Childs
Nahuel Molina dari Argentina merayakan gol pertama bersama Lionel Messi di Piala Dunia 2022 REUTERS-Paul Childs Copyright: REUTERS-Paul ChildsNahuel Molina dari Argentina merayakan gol pertama bersama Lionel Messi di Piala Dunia 2022 REUTERS-Paul Childs

Selepas jeda, Argentina yang sudah unggul tampak tak menurunkan tensi permainan. Penguasaan bola masih mereka kendalikan dan beberapa kali mampu mengancam pertahanan Belanda.

Puncaknya pada menit ke-73’, sebuah pergerakan dari Marcos Acuna sempat dihentikan oleh Denzel Dumfries di kotak terlarang. Wasit yang melihat hal tersebut, langsung menunjuk titik putih buat Argentina.

Lionel Messi yang maju sebagai eksekutor, dengan tenang mampu mengelabui Andries Noppert dan membuat Argentina unggul 0-2.

Jelang pertandingan berakhir, kejutan terjadi saat Belanda mampu mencetak dua gol hanya dalam tempo 10 menit melalui brace Wout Weghorst (83' dan 90+11').

Hingga peluit panjang berbunyi, skor sama kuat 2-2 tetap bertahan dan membuat kedua laga Belanda vs Argentina di perempat final Piala Dunia 2022 berlanjut ke masa extra time.

Pada babak tambahan, Argentina dan Belanda sama-sama menekan namun sayangnya tidak ada gol yang tercipta hingga 2x15 menit laga berjalan. Pertandingan pun harus ditentukan lewat adu penalti.

Di adu tos-tosan, Argentina sukses pastikan tiket ke semifinal setelah dua eksekutor Belanda gagal mencetak gol, sedangkan empat penendang Tim Tango mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

Susunan Pemain

BELANDA (3-4-3):
​Andries Noppert; Jurrien Timber, Virgil van Dijk, Nathan Ake; Denzel Dumfries, Marten de Roon, Frenkie de Jong, Daley Blind; Memphis Depay, Cody Gakpo, Steven Bergwijn.

Pemain pengganti Belanda: Remko Pasveer, Justin Bijlow, Matthijs de Ligt, Stefan de Vrij, Luuk de Jong, Steven Berghuis, Noa Lang, Davy Klaassen, Tyrell Malacia, Vincent Janssen, Wout Weghorst, Teun Koopmeiners, Kenneth Taylor, Xavi Simons, Jeremie Frimpong.

ARGENTINA (5-3-2):
Emiliano Martinez; Nahuel Molina, Cristian Romero, Nicolas Otamendi, Lisandro Martinez, Marcos Acuna; Rodrigo de Paul, Enzo Fernandez, Alexis Mac Allister; Lionel Messi, Julian Alvarez.

Cadangan ARGENTINA: Franco Armani, Geronimo Rulli, Juan Foyth, Nicolas Tagliafico, Gonzalo Montiel, Leandro Paredes, German Pezzella, Angel di Maria, Exequiel Palacios, Angel Correa, Thiago Almada, Alejandro Papu Gomez, Guido Rodriguez, Paulo Dybala, Lautaro Martinez.

Artikel ini disponsori oleh AICE Official Ice Cream untuk FIFA World Cup Qatar 2022.