Liga Indonesia

Liga 1: Carlos Fortes Belum Pulih Total, PSIS Semarang Bakal Belanja Pemain Lagi?

Sabtu, 10 Desember 2022 18:35 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
Selebrasi pemain PSIS Semarang Carlos Fortes bersama Wawan Febrianto merayakan usai mencetak gol ke gawang Persita Tangerang di Piala Presiden. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com Copyright: © Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
Selebrasi pemain PSIS Semarang Carlos Fortes bersama Wawan Febrianto merayakan usai mencetak gol ke gawang Persita Tangerang di Piala Presiden. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Pelatih PSIS Semarang, Ian Andrew Gillan, menegaskan bahwa Carlos Fortes merupakan proyek jangka panjang mereka. Dia juga berpotensi punya rekan baru pada putaran kedua Liga 1 Indonesia 2022-2023.

Fortes mencatatkan penampilan kedua di Liga 1 musim ini saat melawan Borneo FC. Dia masuk menggantikan Riyan Ardiansyah pada menit ke-46.

Jumlah menit bermain yang dicatatkan Fortes sudah meningkat. Dalam debutnya musim ini melawan Madura United, dia baru dimasukkan menit ke-76.

Meski belum mencetak gol, Ian Andrew cukup puas dengan progres Fortes. Ia perlu mengingatkan bahwa Fortes baru saja kembali dari cedera yang serius.

"Fortes sudah bisa bermain lebih banyak dari sebelumnya. Dalam 45 menit itu, dia sudah bisa melakukan gerakan secara normal," ucap Ian Andrew Gillan, Jumat (9/12/22).

Toh PSIS Semarang tak akan memaksa Carlos Fortes kembali dengan cepat. Cedera yang sempat memaksa dia berobat ke Portugal itu harus dikelola dengan baik.

Fortes bukan saja dibutuhkan PSIS pada sistem bubble Liga 1 ini saja. Ia tentu saja dibutuhkan untuk jangka panjang, terutama hingga akhir musim 2022-2023.

"Untuk selanjutnya kami berharap Carlos Fortes sudah bisa bermain lebih dari 45, bahkan 90 menit, karena dia dibutuhkan tim," jelas Ian Andrew.

Usai laga melawan Borneo FC, Ian Andrew juga menyinggung performa Hari Nur Yulianto. Bomber yang identik dengan nomor punggung 22 itu bermain bagus.

"Yang perlu digaris bawahi adalah Hari Nur juga bermain cukup bagus, meski posisi Hari Nur sedikit ada perbedaan dengan Fortes," papar Ian Andrew.