Bola Internasional

Piala AFF 2022 Kian Dekat, Menakar Peluang 4 Pemain Naturalisasi Bisa Bela Timnas Indonesia

Minggu, 11 Desember 2022 16:40 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Menakar peluang empat pemain naturalisasi Timnas Indonesia bisa tampil di Piala AFF 2022 dilihat dari faktor perizinan klub. Foto: PSSI Copyright: © PSSI
Menakar peluang empat pemain naturalisasi Timnas Indonesia bisa tampil di Piala AFF 2022 dilihat dari faktor perizinan klub. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Semakin dekatnya gelaran Piala AFF 2022, empat pemain naturalisasi Timnas Indonesia masih belum bisa dipastikan bisa tampil di turnamen antarnegara Asia Tenggara karena faktor perizinan klub.

Selang sepekan setelah Piala Dunia 2022 tuntas, jagat sepak bola Asia Tenggara akan diramaikan dengan ajang dua tahunan terakbar bertajuk Piala AFF 2022.

Ajang dua tahunan ini sendiri rencananya akan digelar mulai dari 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 mendatang.

Timnas Indonesia menjadi salah satu negara yang berpartisipasi di dalamnya dan akan bersaing dengan sembilan negara ASEAN lainnya untuk merengkuh trofi.

Pada Piala AFF 2022 ini, skuad Garuda tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan tim debutan yang baru comeback, yakni Brunei Darussalam.

Sandy Walsh dan Jordi Amat merupakan dua bintang naturalisasi terbaru Timnas Indonesia karena mereka belum lama diambil sumpahnya sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Selain itu, ada juga gelandang naturalisasi milik Persib Bandung yakni Marc Klok. Kemudian yang terbaru Shin Tae-yog memutuskan memanggil bomber Bali United yakni Ilija Spasojevic alias Spaso.

Meski keempat pemain tersebut punya peluang tampil di Piala AFF 2022 secara kualitas performa, bukan tidak mungkin mereka batal tampil membela Timnas Indonesia karena satu alasan khusus.

Alasan tersebut adalah masalah perizinan yang diberikan oleh klub masing-masing pemain naturalisasi tersebut.

Pasalnya, turnamen Piala AFF 2020 sendiri tidak termasuk dalam kalender resmi FIFA sehingga akan sulit klub melepas pemainnya.