Liga Italia

Termasuk AC Milan, 5 Klub Papan Atas yang Terlibat 'Transfer Busuk' Juventus di Era Agnelli

Minggu, 11 Desember 2022 17:00 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Reuters/Massimo Pinca
Juventus saat ini tengah diselidiki atas transfer busuk di bawah Andrea Agnelli di man ternyata ada lima klub papan atas yang terlibat ‘noda hitam’ Bianconeri. Copyright: © Reuters/Massimo Pinca
Juventus saat ini tengah diselidiki atas transfer busuk di bawah Andrea Agnelli di man ternyata ada lima klub papan atas yang terlibat ‘noda hitam’ Bianconeri.

INDOSPORT.COM – Juventus saat ini tengah diselidiki atas transfer busuk di bawah Andrea Agnelli. Ternyata, ada lima klub papan atas yang terlibat ‘noda hitam’ Bianconeri.

Mundurnya Andrea Agnelli dari kursi dewan raksasa Liga Italia (Serie A), Juventus, menghadirkan sederet masalah panjang, terutama berkaitan dengan aktivitas transfer Bianconeri.

Dilansir dari Football Italia, tercatat ada 22 transfer busuk yang dilakukan Juventus dan tengah diselidiki oleh Jaksa Turin.

22 transfer busuk ini berkaitan dengan adanya dugaan pemalsuan Capital Gain dan pembayaran yang tak wajar demi mendapat keuntungan.

Selain itu, adanya potensi inflasi biaya transfer pemain yang dilakukan Juventus membuat klub yang juga dijuluki Si Nyonya Tua itu diselidiki.

Dari 22 transfer yang diselidiki itu, ternyata ada lima klub yang terlibat dalam aktivitas transfer busuk Juventus selama ini. Tak disangka, lima klub ini adalah lima klub papan atas Eropa.

Siapa saja lima klub papan atas yang terlibat aktivitas transfer busuk Juventus ini?

1. AC Milan

AC Milan menjadi salah satu tim yang terlibat aktivitas transfer tak wajar dengan Juventus saat melakukan pertukaran Leonardo Bonucci dengan Mattia Caldara pada 2018 silam.

Sebelum itu terjadi, AC Milan telah menebus Bonucci dari Juventus pada 2017 dengan harga 42 juta euro. Namun setahun berselang, Bianconeri memulangkan bek gaeknya itu.

Untuk memulangkannya, Juventus menawarkan Caldara ke AC Milan, di mana Bianconeri menebus Bonucci dengan harga 35 juta euro dan Rossoneri memboyong Caldara dengan mahar 37,74 juta euro.

Transfer ini dicurigai karena Juventus ingin mengambil keuntungan dari penjualan Bonucci di tahun 2017 dan juga keuntungan dari penjualan Caldara yang diboyong pada 2017 dengan harga 19 juta euro saja.