Bola Internasional

Daftar Wonderkid Timnas Indonesia di Piala AFF: dari Era Kurniawan hingga Witan

Senin, 12 Desember 2022 18:25 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© INDOSPORT
Legenda Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto. Copyright: © INDOSPORT
Legenda Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto.

INDOSPORT.COM - Dalam sejarah Timnas Indonesia tampil di Piala AFF, beberapa kali ada wonderkid atau pemain muda yang memukau banyak penggemar khususnya di Tanah Air.

Dalam setiap edisi sejak Piala AFF pertama kali digelar pada 1996 silam, Timnas Indonesia beberapa kali selalu mengorbitkan pemain muda berbakat.

Seperti di Piala AFF 2022 ini, ada sosok Marselino Ferdinan yang masih berusia 18 tahun. Mampukah bintang milik Persebaya Surabaya itu tampil gemilang seperti para pendahulunya?

Berikut ini redaksi media olahraga INDOSPORT telah merangkum daftar wonderkid Timnas Indonesia dalam sejarah ikut serta di Piala AFF:

Kurniawan Dwi Yulianto - Piala AFF 1996

Pada 1996 silam, Piala AFF masih bernama Piala Tiger. Timnas Indonesia saat itu memanggil striker kurus bernama Kurniawan Dwi Yulianto yang masih berusia 20 tahun.

Kala itu Skuat Garuda masih diasuh oleh coach Danurwindo. Ia kepincut dengan Kurniawan Dwi Yulianto setelah tergabung dalam program pelatnas jangka panjang Primavera di Italia.

Meski masih berusia belia, striker dengan julukan Si Kurus tersebut berhasil menjadi top skor dengan mencetak empat gol.

Sayang, ketajaman Kurniawan Dwi Yulianto gagal membawa Timnas Indonesia meraih juara. Skuat Garuda hanya mampu finis di peringkat keempat setelah kalah dari Vietnam dengan skor 2-3 di perebutan posisi ketiga.

Uston Nawawi - Piala AFF 1998

Setelah Kurniawan Dwi Yulianto, muncul lagi pemain muda yang mencuri perhatian di Piala Tiger 1998 yakni Uston Nawawi.

Dalam turnamen yang digelar di Vietnam, Uston Nawawi kala itu masih berusia 20 tahun. Ia tampil apik sebagai gelandang di bawah asuhan Rusdy Bahalwan.

Namun sayang, Piala AFF 1998 menjadi aib sepak bola Indonesia hingga saat ini. Pasalnya, sempat ada tragedi sepak bola gajah di laga Timnas Indonesia vs Thailand karena ingin menghindari Vietnam di semifinal.