Bola Internasional

Patahkan Kutukan, Top Skor Piala AFF 2004 Minta Pemain Timnas Indonesia Tiru Mental Arab Saudi

Senin, 12 Desember 2022 22:30 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Mantan striker Timnas Indonesia, Ilham Jaya Kesuma, menilai mental para pemain skuad Garuda di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong sudah cukup bagus. Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Mantan striker Timnas Indonesia, Ilham Jaya Kesuma, menilai mental para pemain skuad Garuda di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong sudah cukup bagus.

INDOSPORT.COM - Mantan striker Timnas Indonesia, Ilham Jaya Kesuma, menilai mental para pemain skuad Garuda di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong sudah cukup bagus. Dia menyarankan, Egy Maulana Vikri dkk meniru Timnas Arab Saudi.  

Menurut Ilham Jaya, adanya pemain yang berkarier di luar negeri seperti Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, Elkan Baggott, Jordi Amat, serta Sandy Walsh mampu mengangkat mental tim dan pemain lokal lainnya.

Pengalaman mereka melawan pemain luar negeri yang punya kualitas tinggi ikut menempa mental, fisik dan skill. Hal itu tentu bermanfaat saat dipanggil ke Timnas.

Ilham Jaya meyakini Timnas Indonesia bisa meraih gelar juara di Piala AFF 2022. Apalagi, Shin Tae-yong selaku pelatih didukung penuh masyarakat, PSSI dan pemerintah.

"Kalau menurut saya sih (mental) sudah cukup bagus. Ditopang dengan Egy yang dari luar, Witan, Elkan Baggott. Kemudian juga ditambah yang dua itu (Jordi dan Sandy) bisa berikan kontribusi besar di AFF," kata Ilham Jaya.

"Kita berharap banyak untuk timnas sekarang, yang dalam hal ini dukungannya sangat luar biasa kan dari pemerintah dan yang lainnya. Mudah-mudahan bisa memberikan yang terbaik untuk tahun ini," kata top skor Piala AFF 2004 itu.

Lebih lanjut, Ilham Jaya meminta para pemain Timnas Indonesia untuk meniru pemain Arab Saudi. Dia mencontohkan tim Timur Tengah itu mampu kalahkan Argentina di babak penyisihan grup Piala Dunia 2022. 

"Seperti Arab Saudi, mereka bisa mengalahkan tim besar di Piala Dunia pernah juara. Dengan motivasi dan mental," ujarnya.

"Saya lihat mereka (Arab Saudi) datang ke Qatar bukan untuk bermain-main, mereka benar-benar siap salah satunya itu ya mental tadi. Ketika Arab menang, ya karena mental itu," kata asisten pelatih Persira Tangerang tersebut.