Liga Indonesia

Hasil Liga 1 Persebaya Surabaya vs Persik Kediri: Diwarnai Kartu Merah, Derby Jatim Tanpa Pemenang

Selasa, 13 Desember 2022 17:00 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Pertandingan pekan ke-14 Liga 1 2022/23 antara Persebaya Surabaya vs Persik Kediri, berakhir imbang dengan skor 1-1, Selasa (13/12/22). Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Pertandingan pekan ke-14 Liga 1 2022/23 antara Persebaya Surabaya vs Persik Kediri, berakhir imbang dengan skor 1-1, Selasa (13/12/22).

INDOSPORT.COM - Pertandingan pekan ke-14 Liga 1 2022/23 antara Persebaya Surabaya vs Persik Kediri, berakhir imbang dengan skor 1-1, Selasa (13/12/22).

Bertanding di Stadion Maguwoharjo, Persik Kediri unggul cepat lewat sepak penalti Arthur Felix lewat titik putih (10'). Kemudian dibalas Persebaya padai babak kedua lewat Sho Yamamoto (60').

Situasi ini membuat Persik Kediri nyaris mustahil untuk bisa keluar dari zona degradasi saat paruh musim kompetisi, karena jarak dengan PSS Sleman (13 poin) terlalu jauh di klasemen Liga 1.

Sejatinya, Persebaya Surabaya menguasai jalannya laga pada menit-menit awal, tetapi mereka kerap terlambat turun saat mengubah skema dari menyerang ke bertahan.

Alhasil, saat pemain Persik Kediri, Bayu Otto, menusuk ke pertahanan Persebaya, Koko Ari melakukan kontak dan dianggap pelanggaran oleh wasit, lalu menunjuk titik putih.

Arthur Felix Silva yang turun sebagai eksekutor sukses menghujamkan bola ke gawang yang dikawal Ernando Ari. Skor 0-1 untuk keunggulan Persik Kediri pada menit ke-8.

Tiga menit berselang, kesalahan yang sama menghantui Bajul Ijo. Mereka terlambat menutup celah sehingga Dandi Maulana melakukan kontak yang diganjar kartu kuning.

Menit ke-15, Yosua Pahabol mengejutkan dengan shooting kerasnya, hanya saja masih melesat tipis di atas mistar gawang Persebaya.

Salah satu peluang langka yang didapat Persebaya datang dari Sho Yamamoto yang menusuk ke kotak penalti Persik Kediri. Namun, Dikri Yusron gesit menangkap bola.

Di pengujung babak pertama, Juninho juga berhasil melepaskan tembakan keras, tapi sayangnya masih meleset tipis di kanan gawang skuad Macan Putih.

Skor 0-1 bertahan hingga akhir babak pertama. Persebaya Surabaya tertinggal dari Persik Kediri pada Derby Jawa Timur di Liga 1 2022/23.