Liga Indonesia

Piala AFF 2014, Saat Timnas Indonesia Gagal Total Meski Andalkan Penyerang Naturalisasi

Selasa, 13 Desember 2022 03:13 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Yohanes Ishak
© Ratno Prasetyo/ INDOSPORT
Cristian Gonzales pada saat latihan bersama timnas di lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang. Copyright: © Ratno Prasetyo/ INDOSPORT
Cristian Gonzales pada saat latihan bersama timnas di lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang.

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia sempat mengalami nasib buruk kala mengandalkan banyak penyerang dalam menjalani laga Piala AFF 2014.

Gelaran Piala AFF 2014 lalu menjadi salah satu kompetisi yang membuat timnas Indonesia bernasib sial, meskipun membawa skuat lengkap.

Kala itu, timnas Indonesia di gelaran Piala AFF 2014 diisi oleh beberapa pemain top dengan pelatih asal Austria, Alfred Riedl.

Tim Garuda kala itu diisi oleh pemain-pemain, seperti Kurnia Meiga, Victor Igbonefo, Firman Utina, hingga sang wonderkid Evan Dimas.

Bahkan, lini serang timnas Indonesia pun diisi oleh beberapa pemain top, seperti duo naturalisasi, Sergio van Dijk, Cristian Gonzales, Boaz Solossa, Samsul Arif, hingga Zulham Zamrun.

Hanya saja, langkah timnas Indonesia saat itu tidaklah sebaik skuatnya, mengingat seharusnya bisa lolos ke fase selanjutnya,

Timnas Indonesia kala itu dijagokan untuk mendapat peringkat kedua di gelaran Piala AFF 2014, mengingat Vietnam kala itu menjadi tim unggulan.

Dalam grup A, Piala AFF 2014, timnas Indonesia berada satu grup dengan Filipina dan Laos, yang sebenarnya masih bisa dikalahkan.

Namun demikian, Filipina sebenarnya menjadi salah satu tim yang menyimpan kekuatan tersembunyi dengan kekuatan pemain naturalisasi.

Bagaimana tidak, the Azkals kala itu diisi oleh beberapa jagoan, seperti Manuel Ott, Phil dan James Younghusband, hingga Rob Gier.