In-depth

5 Pemain yang Nasibnya Belum Aman di Timnas Indonesia dan Terancam Dicoret Jelang Piala AFF 2022

Minggu, 11 Desember 2022 21:35 WIB
Editor: Juni Adi
© PSSI
TC Timnas Indonesia Senior di Bali. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
TC Timnas Indonesia Senior di Bali. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Sejumlah pemain timnas Indonesia yang mengikuti pemusatan latihan posisinya masih belum aman, karena rawan dicoret jelang Piala AFF 2022 bergulir. Siapa saja yang bisa tersingkir?

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, telah memanggil 28 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan di Bali sebagai persiapan Piala AFF 2022.

Piala AFF 2022 sendiri akan mulai digelar pada Jumat, (23/12/22) hingga Senin (16/01/23) mendatang. Timnas Indoneia tergabung di Grup A bersama Kamboja, Brunei Darussalam, Thailand dan Filipina.

Pertandingan perdana akan mempertemukan antara Timnas Indonesia vs Kamboja di Stadion Patriot, Bekasi, Jawa Barat, pada 23 Desember 2022.

"Timnas Indonesia memulai persiapan Piala AFF 2022 di Bali. Nanti begitu mendekati pertandingan pertama tanggal 23 Desember akan pindah latihan ke Jakarta," kata Ketum PSSI, Mochamad Iriawan mengutip dari laman resmi PSSI.

"Pada TC tersebut dua pemain naturalisasi yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah bisa bergabung. 

"Kami optimistis dengan materi pemain yang ada dan Insya Allah meraih juara Piala AFF 2022," tambahnya.

Sebelum menggelar TC, sejumlah kendala sempat menghampiri timnas Indonesia mulai dari padatnya agenda Shin Tae-yong hingga liburnya kompetisi lokal, Liga 1.

Seperti kita ketahui, Shin Tae-yong juga sedang membagi fokus ke timnas Indonesia U-19, dalam persiapan tampil di Piala Asia dan Piala Dunia U-20 2023.

Belum lagi masalah lainnya yang harus segera dibereskan adalah kondisi stamina para pemain, karena Liga 1 terhenti beberapa pekan lalu.

Sehingga sampai saat ini, TC para pemain Timnas Indonesia masih sebatas genjotan fisik untuk mengembalikan kebugaran para pemain, belum memasuki agenda taktikal.

Shin Tae-yong sendiri kemungkinan masih akan melakukan pencoretan pemain, mengingat kouta pemain yang dibawa oleh satu tim hanya terdiri dari 23 nama.

Artinya, masih ada 5 pemain yang kemungkinan akan segera dicoret sebelum PIala AFF 2022 bergulir. Siapa saja mereka?