Piala Dunia 2022

Profil Daniele Orsato Wasit Laga Argentina vs Kroasia di Piala Dunia 2022, Bakal Ada Kontroversial?

Selasa, 13 Desember 2022 14:34 WIB
Editor: Juni Adi
© Chris Ricco/Getty Images
Wasit Daniele Orsato saat menunjukkan kartu kuning kepada Danilo dari Juventus dalam pertandingan di Serie A Italia. Copyright: © Chris Ricco/Getty Images
Wasit Daniele Orsato saat menunjukkan kartu kuning kepada Danilo dari Juventus dalam pertandingan di Serie A Italia.

INDOSPORT.COM - Daniele Orsato ditunjuk oleh FIFA untuk menjadi wasit di laga pembuka semifinal Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Kroasia.

Argentina akan mealdeni Kroasia di babak semifinal Piala Dunia 2022, Selasa malam atau Rabu (14/12/22) dini hari mulai pukul 02:00 WIB, di Lusail Iconic Stadium, Qatar.

Lionel Messi Cs sampai di babak ini setelah lolos sebagai juara Grup C, mengalahkan Australia 2-1 di babak 16 besar dan melibas Belanda lewat adu penalti di perempat final.

Sementara itu, Kroasia adalah runner-up Grup F yang sukses mengeliminasi Jepang, serta tim favorit juara, Brasil, pada 16 besar dan perempat final Piala Dunia 2022 Qatar.

Faktanya, runner-up Piala Dunia 2018 itu menyingkirkan Jepang dan Brasil lewat adu penalti. Pada pertandingan di waktu normal, Kroasia hanya bisa mengimbangi lawannya.

Jika duel Argentina vs Kroasia berlanjut ke babak adu penalti, pemenangnya bakal sulit ditebak. Mereka punya Emiliano Martinez dan Dominik Livakovic, dua kiper brilian saat ini.

Selain kekuatan tim, faktor penting dari pertandingan Argentina vs Kroasia adalah sang wasit.

Seperti diketahui, Argentina sempat mengeluhkan kepemimpinan wasit di laga sebelumnya melawan Belanda pada 16 besar Piala Dunia 2022.

Kala itu wasit Antonio Mateu Lahoz dikritik lantaran banyak mengeluarkan kartu kuning.

Dalam laga yang berlangsung sengit itu, Argentina berhasil memulangkan Belanda lewat adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 2-2. 

"Setelah mereka menyamakan kedudukan, saya merasa sangat marah.

"Saya tidak mau berbicara mengenai wasit karena saya akan dihukum atau disanksi namun semua orang bisa melihat apa yang terjadi," seru Messi usai pertandingan seperti dikutip AFP. 

Karena tindakan hakim yang dinilai semena-mena, mantan bintang Barcelona itu pun mengecam dan mendesak FIFA agar mengevaluasi wasit.

"FIFA harus mengevaluasi apa yang terjadi. Mereka tidak bisa memberikan wasit seperti itu di laga sepenting ini," bebernya.

Tampaknya FIFA merespons keluhan Messi, dan langsung menunjuk wasit terbaik di laga Argentina vs Kroasia pada semifinal Piala Dunia 2022. Dia adalah Daniele Orsato, seperti apa profilnya?