In-depth

Battle 3 Pelatih Asal Korea Selatan di Piala AFF 2022, Siapa Saingan Berat Shin Tae-yong?

Rabu, 14 Desember 2022 15:10 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Arif Rahman/Indosport.com
Pelatih Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022, Shin Tae-yong. Foto: Arif Rahman/Indosport.com. Copyright: © Arif Rahman/Indosport.com
Pelatih Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022, Shin Tae-yong. Foto: Arif Rahman/Indosport.com.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, merupakan satu dari tiga juru taktik asal Korea Selatan di Piala AFF 2022.

Seperti diketahui, gelaran Piala AFF 2022 hanya tinggal menghitung hari. Sepuluh tim akan berlomba-lomba jadi yang terbaik, termasuk Thailand yang menyandang status juara edisi lalu.

Seluruh kontestan pun dinakhodai oleh para pelatih andal dengan reputasinya masing-masing baik di level Asia maupun internasional.

Korea Selatan pun menjadi kata mencolok dalam daftar pelatih Piala AFF edisi kali ini. Selain Shin Tae-yong yang membesut Timnas Indonesia, ada Park Hang-seo (Vietnam) dan Kim Pan-gon (Malaysia).

Lantas, seperti apa sepak terjang mereka jelang Piala AFF 2022?

Park Hang-seo

Dimulai dari Park Hang-seo, sosok yang sudah berjasa banyak bagi kancah sepak bola Vietnam dan telah mendedikasikan kariernya menangani timnas sejak tahun 2017.

Tidak butuh waktu lama baginya untuk meraih kesuksesan bersama Vietnam. Ia berhasil membawa tim muda Vietnam ke final Piala Asia U-23 2018.

Namun sayang kala itu mereka ternyata takluk di tangan Uzbekistan melalui drama adu penalti. Meski begitu, Park Hang-seo patut berbangga lantaran timnya meraih predikat Fair Play Award di turnamen tersebut.

Gebrakan sosok yang satu ini tidak berhenti di situ saja. Ia berhasil membawa Vietnam ke semifinal Asian Games 2018 dan juara Piala AFF pada tahun yang sama.

Park Hang-seo juga membantu Vietnam meraih medali emas di dua edisi SEA Games berturut-turut pada 2019 dan 2021 (2022).