Liga Indonesia

Jadwal Padat Piala AFF 2022, PSSI Akan Sewa Jet Pribadi untuk Timnas Indonesia

Rabu, 14 Desember 2022 19:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat hadir pada laga lanjutan Liga 1 di Stadion Manahan Solo, Senin (05/12/22). Copyright: © PSSI
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat hadir pada laga lanjutan Liga 1 di Stadion Manahan Solo, Senin (05/12/22).

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan pihaknya akan menyewa jet pribadi untuk kebutuhan transportasi timnas Indonesia selama Piala AFF 2022, sekaligus menghemat waktu perjalanan.

Diketahui, babak penyisihan grup Piala AFF 2022 menggunakan sistem kandang-tandang. Timnas Indonesia mendapatkan jadwal dua kali laga kandang dan dua kali tandang.

Skuad Garuda akan melakukan laga away ke Malaysia (Brunei Darussalam bermain di sana) dan Filipina. Jarak antarpertandingan sangat padat atau hanya tiga hari.

Dari jadwal yang dirilis AFF, laga perdana timnas Indonesia digelar 23 Desember 2022 melawan Kamboja, dilanjutkan tandang ke Brunei Darussalam (26 Desember), menjamu Thailand (29 Desember) serta away ke Filipina (2 Januari).

Sehingga, PSSI mengakomodir permintaan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk memakai jet pribadi. Mereka tidak perlu membuang waktu atau menunggu jadwal pesawat komersil pada umumnya.

"Kami sedang cari dan kami sewakan untuk bisa terakomodir karena memang cukup capek nanti, karena dua kali kan. Sehingga kenapa Shin Tae-yong minta itu, supaya anak-anak masih dalam kondisi fit saat pertandingan," ujar Mochamad Iriawan.

"Setelah 23 Desember kan harus berangkat untuk bisa bertanding di Kuala Lumpur, kemudian kembali lagi. Sehabis itu harus pergi lagi ke Manila, jadi kami sedang menjajaki. Insha Allah 50 persen kami sudah dapatkan. Kami akan menyewa private jet," imbuhnya.

Tak hanya soal transportasi, Ketum PSSI menjelaskan berusaha memenuhi semua kebutuhan timnas, baik dari pemain atau pelatih. Salah satunya adalah hotel tempat menginap yang berkualitas bintang 5, agar mereka semua merasa nyaman.

"Kami mengakomodir Shin Tae-yong maupun anak-anak. Tidur pun kami akomodir di Fairmont supaya mereka lebih nyaman," jelas Iwan Bule, sapaan akrab Ketum PSSI.

"Beberapa yang diakomodir termasuk pesawat, tidurnya mau di Fairmont, minta sepatu lagi, dsb. Ya itu namanya anak ke bapak seperti itu, ya bapak harus mencarikan yang terbaik untuk anaknya," sambungnya.