Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022: Southgate Hengkang, Inggris Buka Lowongan untuk Pelatih Asing

Kamis, 15 Desember 2022 06:07 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© REUTERS/Lee Smith
Gareth Southgate tertunduk lesu di laga Piala Dunia 2022 Inggris vs Prancis (11/12/22). (Foto: REUTERS/Lee Smith) Copyright: © REUTERS/Lee Smith
Gareth Southgate tertunduk lesu di laga Piala Dunia 2022 Inggris vs Prancis (11/12/22). (Foto: REUTERS/Lee Smith)

INDOSPORT.COM – Gareth Southgate belum putuskan nasibnya usai Piala Dunia 2022. Timnas Inggris pun buka peluang bagi pelatih asing yang ingin membesut skuat The Three Lions.

Setelah kalah dari Prancis di babak Perempatfinal Piala Dunia 2022, Gareth Southgate seakan memberikan sinyal jika dirinya ingin mengundurkan diri sebagai pelatih Timnas Inggris.

“Saat melewati beberapa kompetisi terakhir, saya benar-benar tidak bisa mengendalikan emosi saya. Benar-benar tak mudah untuk dikendalikan dalam beberapa minggu ke depan,” papar Southgate dilansir Sportsmole.

“Saya mau buat keputuan yang tepat, karena saya harus punya komitmen yang baik. Saya mau buat keputusan yang sesuai jika harus pergi dan harus buat keputusan yang tepat juga jika mau bertahan.”

“Jujur, sekarang ini bukan waktu yang tepat untuk dibicarakan. Ada banyak pemikiran yang muncul dalam kepala saya, jadi saya tidak mau menunggu sampai empat atau lima bulan ke depan agar tidak membuat keputusan yang salah.”

“Jadi, saya belum bisa buat keputusan dalam waktu dekat. Saya butuh waktu untuk mengumpulkan tenaga agar bisa mengambil keputusan yang besar nanti,” tutup Gareth Southgate.

Padahal, Federasi Sepak Bola Inggris, FA sebelumnya telah memastikan jika mereka tidak akan memecat Gareth Southgate meski gagal di Piala Dunia 2022.

FA tetap memberi kesempatan kepada Gareth Southgate hingga kontraknya berakhir pada Juni 2024 mendatang atau tepatnya setelah Euro 2024 nanti.

Hanya saja, sepertinya Gareth Southgate punya pandangan lain terkait pekerjaannya di Timnas Inggris yang ia sudah ambil sejak tahun 2016 lalu hingga Piala Dunia 2022 ini.