Bola Internasional

Absen Bela Timnas Indonesia di Piala AFF, Elkan Baggott Lebih Pilih Tantang Jagoan Liga Inggris

Jumat, 16 Desember 2022 12:24 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/David Klein
Keputusan Elkan Baggott bertahan di Gillingham ketimbang membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 membuka kesempatan dia menantang dua klub Liga Inggris. REUTERS/David Klein Copyright: © REUTERS/David Klein
Keputusan Elkan Baggott bertahan di Gillingham ketimbang membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 membuka kesempatan dia menantang dua klub Liga Inggris. REUTERS/David Klein

INDOSPORT.COM – Keputusan Elkan Baggott bertahan di Gillingham ketimbang membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 membuka kesempatan pemain bek ini menghadapi dua klub Liga Inggris.

Sosok Elkan Baggott sangat dinanti oleh banyak pihak terkait keputusannya untuk membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 yang akan bergulir pada 20 Desember 2022 hingga  16 Januari 2023.

Awal bulan lalu, Baggott yang berada di Inggris untuk membela klubnya Gillingham FC, sempat disambangi oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Maksud kedatangan Shin Tae-yong ini ialah meminta kesediaan Gillingham FC dan Ipswich Town merelakan Elkan Baggott bergabung dengan skuad Garuda untuk Piala AFF.

Ini adalah sebuah hal yang dilematis. Elkan sangat ingin membela negaranya di kancah Asia Tenggara, namun di sisi lain tenaganya dibutuhkan Gillingham selama periode sibuk Liga Inggris bulan ini.

Pada akhirnya sebuah kabar mengejutkan datang pada hari Kamis (15/12/22), dimana Elkan Baggott sudah memutuskan sendiri bahwa dia akan bertahan di Inggris.

Artinya, Elkan Baggott akan melewatkan tampil di Piala AFF 2022 bersama Timnas Indonesia demi fokus mengembangkan kariernya bersama Gillingham FC.

Keputusan Elkan Baggott ini awalnya menuai pro dan kontra di kalangan penggemar Timnas Indonesia. Beberapa pihak menilai Elkan Baggott tidak menunjukkan jiwa nasionalisme.

Namun beberapa pihak mendukung keputusan pemain kelahiran Thailand tersebut karena Elkan Baggott bersama Gillingham FC berkesempatan menjalani dua pertandingan melawan tim Liga Inggris.