Bola Internasional

Asisten Shin Tae-yong Bicara Kesulitan Timnas Indonesia dan Nasib Elkan Baggott untuk Piala AFF 2022

Jumat, 9 Desember 2022 13:38 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© PSSI
TC Timnas Indonesia Senior di Bali. (Foto: PSSI) Copyright: © PSSI
TC Timnas Indonesia Senior di Bali. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto memastikan tidak ada laga uji coba sebelum beraksi di Piala AFF 2022. Itu karena skuad Garuda kesulitan cari lawan tanding.

Awalnya, Timnas diagendakan melawan klub Liga 1 di sela-sela pemusatan latihan di Bali yang dimulai 28 November lalu. Beberapa klub seperti Bali United, Persib Bandung dan Persija Jakarta dirasa cocok menjadi lawan.

Namun, rencana tersebut tidak bisa terwujud karena klub-klub Liga 1 menjalani lanjutan kompetisi dengan  sistem bubble (terpusat) di Jawa Tengah, sehingga menyulitkan penyesuaian jadwal.

Dengan kepastian tersebut, tim asuhan Shin Tae-yong hanya akan menjalani internal game. Itu untuk memastikan kondisi dan sentuhan pemain tetap terjaga.

"Mengenai uji coba kemungkinan tidak ada karena kami kesulitan untuk lawan untuk laga uji coba," tutur Nova Arianto.

Pada pemusatan latihan jelang Piala AFF 2022, Shin Tae-yong memanggil 28 pemain. Tapi, hingga saat ini baru 27 nama yang bergabung dan satu lainnya masih izin yakni Elkan Baggott.

Elkan masih membela klubnya, Gillingham FC yang masih bermain di Piala FA dan Carabao Cup. Media Inggris yakni TWRD, melaporkan pemain 20 tahun itu baru akan dilepas apabila Timnas Indonesia lolos dari babak penyisihan grup.

Dikonfirmasi hal tersebut, Nova Arianto menjelaskan tim pelatih juga masih menunggu update terbaru. Yang pasti, Elkan Baggott ikut didaftarkan di Piala AFF 2022.

"Mengenai Elkan Bagott ditunggu saja update-nya," tutur Nova.

Sementara itu, pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengatakan intensitas latihan sangat tinggi selama lebih dari sepekan terakhir. Para pemain bekerja keras dan maksimal semuanya tanpa terkecuali.