Bola Internasional

Mengenang Momen Timnas Indonesia Cetak Sejarah 13-1 di Piala AFF

Jumat, 16 Desember 2022 13:05 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Al Ridho Jevin Saputra/INDOSPORT
Mengenang momen Timnas Indonesia mencetak sejarah saat menang dengan skor 13-1 di Piala AFF 2002. Copyright: © Al Ridho Jevin Saputra/INDOSPORT
Mengenang momen Timnas Indonesia mencetak sejarah saat menang dengan skor 13-1 di Piala AFF 2002.

INDOSPORT.COM - Mengenang momen Timnas Indonesia mencetak sejarah saat menang dengan skor 13-1 di Piala AFF 2002.

Kala itu, saat turnamen sepak bola antar negara Asia Tenggara masih bernama Piala Tiger. Timnas Indonesia berjumpa Filipina di penyisihan grup, 23 Desember 2002 silam.

Bertindak sebagai tuan rumah, Timnas Indonesia meladeni tim Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Hasilnya, skuat Garuda menang telak 13-1.

Timnas Indonesia memulai pertandingan dengan sangat gesit. Bahkan, skuat Garuda bisa mencetak tujuh gol di babak pertama.

Di babak kedua, Timnas Indonesia sukses menambahkan enam gol ke gawang lawan, tetapi kiper Timnas, Hendri Kartiko juga ikut kebobolan satu gol oleh pemain Filipina.

Dua striker andalan Indonesia, Bambang Pamungkas dan Zaenal Arief sama-sama mencetak empat gol ke gawang Filipina.

Bejo Sugiantoro mencetak dua gol. Budi Sudarsono dan Imran Nahumarury turut melesakkan satu gol. Satu gol lainnya ialah gol bunuh diri Filipina, Solomon Licuanan.

Adapun sosok pelatih yang mampu memberikan kemenangan mutlak Timnas Indonesia atas Filipina di Piala AFF 2002, tak lain adalah Ivan Kolev, asal Bulgaria.

Hanya saja, meski menang telak 13-1 atas Filipina, skuat Garuda melangkah ke babak semifinal dengan status runner up Grup A.

Berjumpa Malaysia di semifinal, Bambang Pamungkas Cs akhirnya kembali meraih kemenangan tipis 1-0. Namun, hasil itu cukup untuk modal ke partai puncak.

Namun, di babak final Piala AFF 2002 yang dihelat di GBK, Indonesia hanya bisa main imbang 2-2 atas Thailand di waktu normal.

Penentuan pemenang dilakukan lewat babak adu penalti. Kala itu, Garuda harus kalah di tangan Thailand, dan harus puas meraih medali perak di Piala Tiger 2002.

Artikel ini disponsori oleh Indomie. Supaya nonton pertandingan timnas Indonesia semakin semangat, jangan lupa beli DI SINI Indomie Hypeabis Kebab Rendang. MIX Asiks Kebab Turki dan Rendang Padang yang gurih nge-MIXAsiks di Indomie Hyepeabis Kebab Rendang, makin bikin pertandingan kelas dunia makin Asiks lho!