Liga Indonesia

Piala AFF 2022: Usai Shin Tae-yong, Giliran Bomber Arema Minta Suporter Boleh Hadir di Laga Timnas Indonesia

Jumat, 16 Desember 2022 18:10 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Penggawa Timnas Indonesia, Muhammad Rafli, berharap laga kandang Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2022 bisa dihadiri oleh penonton di stadion. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Penggawa Timnas Indonesia, Muhammad Rafli, berharap laga kandang Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2022 bisa dihadiri oleh penonton di stadion.

INDOSPORT.COM - Penggawa Timnas Indonesia, Muhammad Rafli, berharap laga kandang Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2022 bisa dihadiri oleh penonton di stadion. Setidaknya dukungan langsung penonton di stadion bisa menambah motivasi pemain Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia memang akan berjuang di ajang Piala AFF 2022. Skuad Garuda bakal memulai langkahnya di Piala AFF 2022 di tanggal 23 dengan menjamu Kamboja.

PSSI sebelumnya sudah memastikan bahwa Timnas Indonesia akan menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno sebagai home base saat menjamu para lawannya nanti.

Namun perjuangan Timnas Indonesia di ajang Piala AFF bisa saja berjuang sendiri. Sebab pihak kepolisian belum memberikan izin perihal boleh adanya penonton langsung di stadion saat Timnas Indonesia berlaga.

Padahal kehadiran penonton di stadion sangat diharapkan oleh penggawa Timnas Indonesia. Seperti halnya diutarakan oleh Muhammad Rafli. "Harapan kita pasti ingin ada penonton, apalagi ini laga internasional. Dukungan penonton itu apalagi langsung itu sangat-sangat berpengaruh buat mental kita," kata Rafli.

Bomber Arema FC itu menilai kehadiran penonton di stadion bisa menambah motivasi serta mental penggawa Garuda saat bertanding.

"Apalagi penonton kalau misal kita main di SUGBK full stadion itu sangat-sangat meningkatkan mental kita jadi lebih baik. Jadi harapan saya di semua laga home kita bisa ada penonton," sambungnya.

Permohonan Rafli perihal adanya penonton sejatinya senada dengan permohonan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Pelatih Shin Tae-yong berharap hal serupa. Juru formasi asal Korea Selatan itu merasa hadirnya penonton bisa membantu penampilan Marc Klok dan kawan-kawan.

"Saya memang mendengar ada kabar yang kurang baik, belum ada izin penonton bisa hadir. Tapi ini bukan pertandingan liga, tapi pertandingan internasional," ujar Shin Tae-yong.

"Jadi memang dengan adanya Tragedi Kanjuruhan dari pihak polisi pasti kesulitan ambil keputusan, tapi saya memohon pengertiannya karena ini pertandingan internasional dengan adanya penonton juga pasti pemain bisa lebih semangat lagi, dengan memberikan kesempatan dari pihak polisi untuk penonton masuk pasti saya juga akan sangat senang," tambahnya.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia tergabung di Grup A Piala AFF 2022. Skuad Garuda akan bersaing dengan Thailand, Kamboja, Filipina, dan Brunei Darussalam.