Bola Internasional

Profil Tim Piala AFF 2022: Thailand, Sang Juara Bertahan Kembali 'Hantui' Timnas Indonesia?

Jumat, 16 Desember 2022 14:55 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Timnas Thailand Piala AFF. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Timnas Thailand Piala AFF.

INDOSPORT.COM - Sebagai negara paling sukses dan berstatus juara bertahan, Thailand akan kembali menjadi hantu bagi tim peserta Piala AFF 2022, termasuk Timnas Indonesia.

Gajah Perang atau julukan Timnas Thailand merupakan salah satu tim unggulan di event sepak bola paling bergengsi se-Asia Tenggara atau Piala AFF 2022.

Pada ajang Piala AFF 2022, Thailand tergabung ke dalam Grup A bersama Timnas Indonesia, Kamboja, Brunei Darussalam dan Filipina.

Melihat peta kekuatan Grup A, Timnas Indonesia bakal menjadi lawan terberat Thailand. Namun pasukan Alexandre Polking sepertinya tidak khawatir dengan keberadaan Skuat Garuda,

Pasalnya, pada edisi 2020 lalu kedua tim sempat bertemu di partai puncak atau final. Kala itu pasukan Mano Polking sukses menghajar Timnas Indonesia dengan skor 4-0 pada leg pertama dan imbang 2-2 di leg kedua.

Selain itu, skuat Gajah Perang juga merupakan tim paling sukses digelaran Piala AFF. Sebelum juara di 2020 lalu, mereka pernah lima kali juara sejak turnamen digelar pertama kali pada 1996 silam.

Dengan hal tersebut, Timnas Thailand kini total sudah mengumpulkan enam trofi dari 13 kali ikut meramainakan Piala AFF. Mereka menjadi satu-satunya tim dari negara ASEAN yang meraih juara terbanyak.

Sedangkan Timnas Indonesia sendiri belum pernah meraih juara, termasuk mimpi mereka pernah dipatahkan oleh Gajah Perang di laga final edisi 2000, 2002 dan 2022.

Meski begitu, sepertinya tahun ini Timnas Indonesia tidak perlu terlalu panik. Pasalnya, ada beberapa kabar buruk yang sedang menimpa Thailand.

Berikut INDOSPORT telah mengupas mengenai kekuatan Thailand di Piala AFF 2022, di mana pasukan Alexandre Polking tidak akan diperkuat oleh beberapa pemain bintang.