Bola Internasional

Fenomena Sanrawat Dechmitr, Satu-satunya Pemain 'Abroad' Thailand di Piala AFF 2022

Kamis, 15 Desember 2022 13:24 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© fathailand.org
Tidak ada satu pun pemain naturalisasi, Thailand memilih pemain yang berkarier di luar negeri untuk Piala AFF 2022. Pemain tersebut adalah Sanrawat  Dechmitr. Copyright: © fathailand.org
Tidak ada satu pun pemain naturalisasi, Thailand memilih pemain yang berkarier di luar negeri untuk Piala AFF 2022. Pemain tersebut adalah Sanrawat Dechmitr.

INDOSPORT.COM – Tidak ada satu pun naturalisasi, Thailand memilih pemain yang berkarier di luar negeri untuk menyongsong Piala AFF 2022. Pemain tersebut adalah Sanrawat  Dechmitr.

Ketika menjuarai Piala AFF 2020, pelatih Alexandre Polking memanggil sejumlah pemain berpengalaman yang berkarier di luar negeri.

Di antaranya, Thanawat Suengchitthawon yang bermain di Leicester City. Pemain berusia 21 tahun kini berada di skuat U-23 Leicester dan memainkan empat laga di Liga Inggris Reserve.

Di sektor belakang, Thailand mengandalkan kiper klub Belgia OH Leuven, Kawin Thamsatchanan, Jonathn Khemdee (Odense BK/Denmark).

Serta dua klub J-League Jepang, Chanathip Songkrasin (Hokkaido Consadole Sapporo) dan Teerathon Bunmathan (Yokohama Marinos).

Namun, Alexandre "Mano" Polking tidak memakai skema yang sama saat dia mengumumkan 24 pemain yang akan tampil di Piala AFF 2022 kali ini.

Secara mengejutkan, sederet pemain senior yang berhasil menjuarai edisi sebelumnya, Piala AFF 2020, memastikan absen pada edisi kali ini.

Sebut saja Chanathip Songkrasin, Supachok Sarachat, dan Supachai Jaided. Ketiganya harus absen karena alasan berbeda-beda.

Sebanyak 23 dari 24 pemain merupakan pemain yang bersaing di kompetisi lokal dan Mano Polking hanya memanggil Sanrawat  Dechmitr sebagai satu-satunya pemain ‘abroad’ di skuad Gajah Perang.

Tentu saja sosok Sanrawat jadi fenomena aneh di kubu Thailand, mengingat tim ini diunggulkan untuk mempertahankan gelar juara Piala AFF 2020.