Bola Internasional

DPMM FC, Klub Sultan 'Rasa' Singapura Penyumbang Pemain Terbanyak Timnas Brunei di Piala AFF 2022

Minggu, 18 Desember 2022 15:29 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Brunei Darussalam datang ke Piala AFF 2022 dengan kekuatan lokal. Adalah DPMM FC, klub lokal yang mentas di Singapura yang menyumbang pemain terbanyak di timnas Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Brunei Darussalam datang ke Piala AFF 2022 dengan kekuatan lokal. Adalah DPMM FC, klub lokal yang mentas di Singapura yang menyumbang pemain terbanyak di timnas

INDOSPORT.COM – Timnas Brunei Darussalam datang ke Piala AFF 2022 dengan kekuatan lokal. Adalah DPMM FC, klub lokal yang mentas di Singapura yang menyumbang pemain terbanyak di timnas.

Brunei Darussalam akan berlaga di Piala AFF comeback-nya setelah absen selama 26 tahun sejak terakhir kali tampil pada 1996, edisi pertama.

Skuad berjuluk The Wasps tersebut meraih tiket ke Kejuaraan antarnegara Asia Tenggara (ASEAN) setelah memenangkan laga play-off melawan Timor Leste dengan kemenangan agregat 6-3.

Hasil ini membuat Brunei lolos melengkapi tim peserta Grup A Piala AFF 2022 yang dihuni Timnas Indonesia, Thailand, Filipina dan Kamboja.

Beberapa waktu lalu, Brunei juga sudah mengumumkan daftar 23 pemain yang akan memperkuad tim besutan Mario Rivera untuk turnamen ini.

Menariknya, menurut data Transfermarkt, seluruh 23 pemain timnas Brunei Darussalam ini tidak ada satu pun yang mentas di luar negeri ataupun pemain keturunan yang dinaturalisasi.

Sosok Faiq Bolkiah dipastikan tidak dipanggil Mario Rivera. Padahal, Faiq Bolkiah  merupakan keponakan Raja Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah.

Faiq Bolkian sejatinya punya pengalaman bermain di luar negeri. Saat ini, Bolkiah berstatus sebagai pemain Chonburi FC, tim dari Liga Thailand.

Duli Pengiran Muda Mahkota Football Club  atau dikenal dengan nama DPMM FC tercatat mengirimkan 14 pemainnya, terbanyak di antara klub Brunei lainnya.

Ada pun 9 pemain timnas Brunei lainnya dikirim dari sejumlah klub yakni MS ABDB, KB FC, serta runner-up Piala FA Brunei Kasuka FC.

Untuk mengenal lebih dalam tentang DPMM FC, INDOSPORT akan mengupas profil klub miliki Sultan Hassanal Bolkiah yang saat ini bersaing di Liga Singapura: