Liga Indonesia

Klub Liga 1 Keluhkan Pemainnya Dipanggil Timnas Indonesia, PSSI Angkat Suara

Minggu, 18 Desember 2022 16:30 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
PSSI melalui Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri,akhirnya angkat suara mengenai keluhan pelatih-pelatih Liga 1 perihal pemanggilan pemainnya ke Timnas Indonesia. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
PSSI melalui Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri,akhirnya angkat suara mengenai keluhan pelatih-pelatih Liga 1 perihal pemanggilan pemainnya ke Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - PSSI melalui Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, akhirnya angkat suara mengenai 'teriakan' pelatih-pelatih Liga 1 perihal pemanggilan pemainnya ke Timnas Indonesia.

Seperti diketahui PSSI memang memanggil deretan pemain untuk bergabung bersama Timnas Indonesia sebagai persiapan Piala AFF 2022.

Pemanggilan pemain ini mendapat sorotan karena roda kompetisi Liga 1 yang saat ini sedang berjalan.

Sehingga klub-klub merasa keberatan para pemainnya dipanggil di tengah roda kompetisi berjalan. Apalagi perhelatan Piala AFF juga tidak termasuk dalam agenda FIFA.

Terkait situasi ini, Indra Sjafri selaku Direktur Teknik PSSI angkat suara. Dia menyebut sudah seharusnya bagi tim-tim lokal melepas pemain sebagai bagian dari upaya memberikan dukungan untuk Timnas Indonesia.

Terlebih pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dan PSSI memahami situasinya. Namun, Timnas Indonesia dibebankan target tinggi sehingga harus maksimal.

“Ya itu yang saya bilang, klub di luar ya tentu mereka akan saklek dengan regulasi, tetapi masa sih kita klub-klub di dalam negeri di mana klub itu menyiapkan pemain, pemain itu ujung-ujungnya untuk tim nasional,” kata Indra Sjafri.

“Kami memahami itu, coach Shin Tae-yong juga memahami kesulitan klub, tetapi di satu sisi kita diberikan target untuk bisa menjadi yang terbaik di AFF tahun ini,” sambung eks juru formasi Timnas Indonesia U-19 itu.

Timnas Indonesia berada di Grup A Piala AFF 2022 bersama Thailand, Kamboja, Filipina, dan Brunei Darussalam. Kamboja akan jadi lawan perdana yang dihadapi Skuad Garuda pada 23 Desember.

Setelah itu tim Merah Putih melawan Brunei Darussalam pada 26 Desember, lalu menjamu Thailand (29/12/22) dan ditutup dengan laga tandang ke markas Filipina pada 2 Januari 2023.