Bola Internasional

Piala AFF 2022: Bakal Main di Klub Juara Liga Inggris, Elkan Baggott Berhak 'Tolak' Timnas Indonesia

Minggu, 18 Desember 2022 06:07 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Arif Rahman/INDOSPORT
Di Piala AFF 2022 yang akan bergulir mulai Selasa (20/12/22) mendatang, timnas Indonesia dipastikan tidak bakal diperkuat Elkan Baggott. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Di Piala AFF 2022 yang akan bergulir mulai Selasa (20/12/22) mendatang, timnas Indonesia dipastikan tidak bakal diperkuat Elkan Baggott.

INDOSPORT.COM - Di Piala AFF 2022 yang akan bergulir mulai Selasa (20/12/22) mendatang, timnas Indonesia dipastikan tidak bakal diperkuat Elkan Baggott.

Bek jangkung berusia 20 tahun itu akan tetap membela klubnya saat ini, Gillingham FC, yang di saat bersamaan punya agenda di ajang Piala FA, Carabao Cup, dan kasta keempat Liga Inggris (League Two).

Akan absenya Elkan dari tugas membela timnas Indonesia di Piala AFF 2022 sebenarnya sudah diwanti-wanti sejak lama.

Mengingat ajang dua tahunan yang mempertemukan negara-negara Asia Tenggara itu bukanlah kompetisi resmi FIFA, maka klub tidak punya kewajiban untuk melepas pemainnya ke sana.

Shin Tae-yong selaku pelatih kepala timnas Indonesia sebenarnya sempat mengunjungi sendiri Gillingham demi meminta izin agar Elkan bisa diizinkan membela Merah-Putih.

Juru taktik asal Korea Selatan itu meyakinkan jika The Gills tidak perlu melepas wonderid blasteran Inggris tersebut sejak Piala AFF 2022 dimulai namun hanya untuk beberapa laga saja.

Namun sepertinya Gillingham masih keberatan. Kendati hanya meminjam Elkan dari Ipswich Town untuk musim 2022/2023 ini, namun mereka tetap punya hak untuk meyakinkan sang pemain untuk tidak pergi.

Keputusan yang diambil Elkan Baggott sendiri kami nilai sudah tepat mengingat profesionalitasnya kepada klub tengah diuji saat ini.

Andai memaksakan untuk bergabung dengan timnas Indonesia di Piala AFF, maka yang marah bukan hanya Gillingham FC saja namun begitu juga dengan Ipswich Town.

The Towns saat ini adalah salah satu klub favorit juara di League One dan berpeluang besar untuk promosi musim depan. Elkan tentunya tidak mau melewatkan kesempatan pulang ke klub induknya dan bermain di level yang lebih tinggi pasca 2022/2023 usai.