Liga Indonesia

Performa di Liga 1 Lagi Naik, Apa Motivasi PSIS Datangkan 2 Pemain Asing?

Senin, 19 Desember 2022 08:21 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Bos PSIS Semarang memastikan tidak mau dicalonkan kembali untuk Exco PSSI periode berikutnya. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Bos PSIS Semarang memastikan tidak mau dicalonkan kembali untuk Exco PSSI periode berikutnya.

INDOSPORT.COM - PSIS Semarang membuat kejutan dengan mendatangkan dua pemain asing, pada saat performa tim lagi menanjak di kompetisi Liga 1 2022/2023. Apa motivasi manajemen tim Mahesa Jenar?

Ada dua pemain asing yang gabung latihan di Bantul pada Minggu (18/12/22). Dua nama asing itu adalah pemain asal Brasil, Wellington Petinha dan pilar asal Jepang, Ryo Fuji.

Ini menjadi momen kedua setelah sebelumnya PSIS juga mendatangkan gelandang Kroasia, Duje Javorcic. Eks Lazio Primavera itu akhirnya dipulangkan karena tak sesuai kriteria tim.

Kini, PSIS punya motivasi untuk mengetes lagi dua pemain trial. Wellington Petinha dan Ryo Fuji diberi kesempatan ikut latihan.

Sebelum gabung di Bantul, Wellington dan Ryo Fuji sudah menjalani tes medis di Jakarta. Tes itu penting untuk melihat kesiapan sebelum ikut latihan.

"PSIS mendatangkan Wellington dan Ryo Fuji untuk melaksanakan seleksi," kata Chief Executive Officer (CEO) PSIS, Yoyok Sukawi, Minggu (18/12/22).

Yoyok menuturkan, trial menjadi opsi PSIS untuk mengetes calon pemain asing baru. PSIS tak ingin membeli "kucing dalam karung" mengingat kompetisi Liga 1 sangat kompetitif.

Saat ini, PSIS sudah memiliki empat pemain asing, mulai dari Alie Sesay, Jonathan Cantillana, Taisei Marukawa dan Carlos Fortes.

Empat nama ini tampil ketika PSIS menang atas PSS Sleman 1-0 di Stadion Manahan Solo. Mereka tampil baik, terutama Alie Sesay, yang dirumorkan bakal diganti pada putaran kedua.

"Untuk bisa bergabung bersama PSIS, dia harus melakoni serangkaian tes dan akhirnya juga akan dinilai apakah ia cocok tidak dengan skema tim PSIS dan nanti tim kepelatihan yang menilai mengenai dua pemain tersebut," jelas Yoyok Sukawi.