In-depth

Daftar Pelatih yang Pernah Menukangi Timnas Indonesia di Piala AFF: Alfred Riedl Paling Sukses

Selasa, 20 Desember 2022 17:25 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Grafis: Yanto/INDOSPORT
Alfred Riedl sukses membawa Timnas Indonesia tahun 2016. Copyright: © Grafis: Yanto/INDOSPORT
Alfred Riedl sukses membawa Timnas Indonesia tahun 2016.

INDOSPORT.COM - Ada sekitar 10 pelatih yang pernah menukangi Timnas Indonesia di Piala AFF sejak ajang sepak bola bergengsi se-ASEAN ini digelar pada 1996 silam.

Sayangnya, dari 10 pelatih belum ada yang mampu membawa Timnas Indonesia meraih gelar juara, termasuk Shin Tae-yong. Pada edisi tahun lalu, ia hanya mampu membawa Skuat Garuda meraih runner up.

Skuat Garuda bisa dibilang menjadi tim yang paling apes karena selalu gagal bila sudah menembus final. Mereka tercatat sudah enam kali lolos ke final, namun selalu kalah dan harus puas finis sebagai runner up.

Thailand sendiri menjadi tim paling sukses karena sudah mengunci enam kali gelar juara termasuk pada Piala AFF edisi 2020 lalu.

Kemudian Singapura sudah tiga kali juara, Vietnam dua kali dan Malaysia satu kali. Hanya Timnas Indonesia yang belum pernah merasakan mengangkat trofi.

Kini pada Piala AFF 2022, Shin Tae-yong dituntut untuk bisa mencetak sejarah dengan membawa Timnas Indonesia juara untuk pertama kalinya.

Turnamen ini berlangsung pada 20 Desember 2022 16 Januari 2023. Timnas Indonesia telah tergabung ke dalam Grup A bersama Brunei Darussalam, Kamboja, Filipina dan juara bertahan, Thailand.

Bila kembali meraih runner up, maka Shin Tae-yong bakal menyamai rekor yang pernah diukir oleh Alfred Riedl. Ia menjadi pelatih yang pernah dua kali membawa Timnas Indonesia menjadi runner up Piala AFF.