Bola Internasional

Karier Kilat Ramadhan Sananta: Tahun Lalu Liga 3, Kini Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Selasa, 20 Desember 2022 14:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Selebrasi penyerang belia PSM Makassar, M Ramadhan Sananta, setelah mencetak gol keduanya ke gawang Persib Bandung pada pekan ketujuh BRI Liga 1 2022/23. Ia lolos dalam seleksi Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022. Copyright: © Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Selebrasi penyerang belia PSM Makassar, M Ramadhan Sananta, setelah mencetak gol keduanya ke gawang Persib Bandung pada pekan ketujuh BRI Liga 1 2022/23. Ia lolos dalam seleksi Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM - Lonjakan karier yang luar biasa diperlihatkan Muhammad Ramadhan Sananta, striker muda yang terpilih untuk membela timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Ramadhan Sananta merupakan pesepak bola kelahiran Daik, Lingga, Kepulauan Riau, pada 27 November 2002. Dengan demikian, Ramadhan baru menginjak usia 20 tahun.

Ramadhan Sananta mengawali karier profesionalnya dari Liga 3. Saat usia 18 tahun, ia bergabung dengan PS Harjuna Putra yang main di Liga 3 Sumatra Utara.

Kala itu, sosok Ramadhan cukup menonjol karena sebagai striker muda, berpostur 1,82 meter. Ia juga sukses membawa timnya jadi semifinalis Liga 3 Sumut.

Alhasil, pada Januari 2022, Ramadhan Sananta akhirnya direkrut oleh tim Liga 1, yakni Persikabo 1973. Dia akhirnya mengawali sebutnya di Liga 1 pada bulan Februari.

Akan tetapi, Ramadhan jarang mendapat menit bermain. Ia hanya bermain empat laga, itu pun sebagai pemain pengganti.

Bulan Mei 2022 lalu, ia memutuskan untuk mengikuti trial di PSM Makassar, di bawah komando pelatih asing, Bernardo Tavares.

Hasilnya, Ramadhan Sananta dinilai layak untuk memperkuat PSM Makassar. Ia lolos dan resmi berseragam Juku Eja, dan punya kans untuk bermain di ajang internasional.

Ramadhan terlebih dulu mengawali debut bersama PSM Makassar di ajang pramusim Piala Presiden 2022. Ia unjuk gigi dalam dua laga, melawan Persik Kediri dan Borneo FC.

Ketika PSM Makassar bermain di Piala AFC 2022, Ramadhan Sananta juga menjalani debut di ajang internasional, menghadapi Tampines Rovers hingga Kuala Lumpur FA.