Bola Internasional

Bakal Debut di Piala AFF bersama Timnas Indonesia, Marc Klok Terbebani Target Juara?

Rabu, 21 Desember 2022 15:26 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Marc Klok dan Dedik Setiawan saat latihan jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Stadion GBK, Selasa (20/12/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Marc Klok dan Dedik Setiawan saat latihan jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Stadion GBK, Selasa (20/12/22).

INDOSPORT.COM - Gelandang Timnas Indonesia, Marc Klok mengatakan persiapan tim sudah berjalan baik jelang laga perdana Piala AFF 2022. Dia dan pemain lain telah berlatih hampir sebulan terakhir di Bali.

Pada Piala AFF 2022, Timnas Indonesia berada di Grup A bersama Kamboja, Thailand, Filipina dan Brunei Darussalam.

Laga perdana skuad Garuda akan dimainkan pada 23 Desember nanti melawan Kamboja di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

Klok mengatakan, suasana di tim sangat solid karena sebagian besar pemain telah bermain bersama sejak Kualifikasi Piala Asia 2023, maupun laga uji coba internasional lawan Curacao beberapa waktu lalu. 

"Kami sudah berlatih hampir 4empat minggu, berlatih dengan keras. Kami kompak sekali, kami sudah bermain bersama di SEA Games (bersama pemain U-23), Kualifikasi (Piala Asia) dan lawan Curacao," ujarnya.

"Atmosfer juga sangat baik, kami turun untuk mulai AFF dan semua di sini punya target yang baik, target yang realistis dan semangat yang luar biasa," imbuhnya.

Pemain Persib Bandung itu tak menampik jika persiapan Timnas Indonesia memang sedikit terganggu. Itu dikarenakan pemain yang dipanggil sudah tak berkompetisi selama dua bulan terakhir karena Liga 1 2022/2023 sempat vakum akibat Tragedi Kanjuruhan.

Namun, hal tersebut tidak jadi masalah besar. Pasalnya, tim pelatih Timnas Indonesia telah menyiapkan program latihan dan para pemain juga bekerja keras di latihan.

Marc Klok optimis, fisik dan penampilan skuad Timnas Indonesia akan capai level terbaik, seiring berjalannya Piala AFF 2022.

"Iya, pasti lebih susah bagi pemain, semua tau kalau bisa berlatih tapi tidak ada match fitness, tidak ada game, fitness kurang. Tapi sekarang kami main banyak game setiap tiga hari, kami harus improve game by game, semoga masalah itu tidak masalah nantinya," tutur Klok.