Bola Internasional

5 Musim Tersubur Timnas Indonesia di Piala AFF, 2022 Merah-Putih Pecah Rekor?

Kamis, 22 Desember 2022 15:25 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© United Indonesia
Piala AFF 2022 akan jadi kali ke-14 timnas Indonesia ikut serta di ajang dua tahunan Asia Tenggara tersebut. Copyright: © United Indonesia
Piala AFF 2022 akan jadi kali ke-14 timnas Indonesia ikut serta di ajang dua tahunan Asia Tenggara tersebut.

INDOSPORT.COM - Piala AFF 2022 akan jadi kali ke-14 timnas Indonesia ikut serta di ajang dua tahunan Asia Tenggara tersebut.

Terlepas dari trofi juara yang belum juga bisa direngkuh sejak kompetisi menggunakan nama Piala Tiger hingga detik ini, tidak bisa dipungkiri jika sudah banyak momen hebat yang Garuda catatkan di Piala AFF.

Salah satunya adalah gol-gol yang tidak pernah surut mengalir dari kaki dan kepala para pemain timnas Indonesia.

Sebagai salah satu tim yang selalu difavoritkan, tidak heran jika Merah-Putih selalu jadi kubu dominan di Piala AFF dengan menjadikan lawan mereka lumbung gol.

Bahkan tradisi itu masih berlanjut di era kepelatihan Shin Tae-yong. Pada Piala AFF 2020 lalu sang juru taktik menyulap Witan Sulaeman cs menjadi tim yang gemar menjebol pertahanan lawan dan akhirnya masuk dalam rekor musim tersubur timnas Indonesia di ajang ASEAN itu.

Namun Piala AFF 2020 bukan periode tersubur timnas Indonesia di sana. Berikut ini kami jabarkan selengkapnya dengan harapan akan ada rekor baru di Piala AFF 2022.

5. Piala AFF 2010 (17 Gol)

Ditangani oleh Alfred Riedl yang memang berpengalaman di Asia Tenggara, timnas Indonesia menimbulkan demam sepakbola baru bagi pendukungnya pada Piala AFF 2010.

Bertindak sebagai tuan rumah plus kedatangan pemain naturalisasi dan keturunan baru dalam diri Cristian Gonzalez dan Irfan Bachdim, Tim Garuda mampu menembus final dengan beka 17 gol sepanjang turnamen.

Di fase grup dua kali Riedl membuat anak-anak asuhnya berpesta gol yakni saat melawan Malaysia dan Laos yang mana sama-sama berskor 5-1. Sayangnya Piala AFF 2010 berakhir anti-klimaks usai timnas Indonesia dikalahkan Malaysia dengan agregat 4-2 lewat dua leg.

Gonzalez juga gagal menjadi top skor karena tiga lesakannya kalah dari Safee Sali yang unggul dua gol. Semakin pahit karena beberapa tahun kemudian ada rumor yang kencang beredar jika sejumlah pemain di skuat tersebut menerima suap untuk sengaja mengalah dari Harimau Malaya.