Bola Internasional

5 Duel dengan Skor Terbesar Timnas Indonesia vs Kamboja di Piala AFF, Terulang Lagi Hari Ini?

Jumat, 23 Desember 2022 11:26 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Timnas Indonesia vs Kamboja pada Jumat (23/12/22) sore ini akan jadi partai yang sangat dinanti oleh pendukung Tim Garuda di Piala AFF 2022. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Timnas Indonesia vs Kamboja pada Jumat (23/12/22) sore ini akan jadi partai yang sangat dinanti oleh pendukung Tim Garuda di Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia vs Kamboja pada Jumat (23/12/22) sore ini akan jadi partai yang sangat dinanti oleh pendukung Tim Garuda di Piala AFF 2022.

Selain partai pembuka kampanye pasukan Shin Tae-yong di ajang kali ini, garansi pertandingan banyak gol juga jadi salah satu alasan untuk menyaksikan.

Dengan pertemuan pertama di SEA Games 1995 silam, timnas Indonesia dan Kamboja telah beradu 17 kali namun tidak sekalipun The Angkor Warriors bisa menang.

Kamboja paling banter hanya bisa menahan imbang 1-1 di penyisihan Piala Dunia 1998 yang lalu. Selebihnya, mereka kerap jadi lumbung gol timnas Indonesia.

Tidak terkecuali di Piala AFF yang dulunya dibentuk dengan nama Piala Tiger. Rekor apik tetap bisa dijaga oleh Merah-Putih.

Meski kali ini Kamboja menjadi kuda hitam berkat duet pelatih Ryu Hirose dan Keisuke Honda dan telah memenangkan matchday pertama mereka kontra Filipina (3-2) namun timnas Indonesia jelas masih lebih superior di Piala AFF 2022.

Berikut ini adalah 5 pertandingan dengan skor terbesar timnas Indonesia vs Kamboja khusus di ajang Piala AFF.

1. Timnas Indonesia 3-0 Kamboja, Piala Tiger 1996

1996 jadi tahun berdirinya Piala Tiger yang jadi cikal bakal Piala AFF. Timnas Indonesia dan Kamboja langsung bertemu di fase grup.

Masing-masing satu gol dari Kurniawan Dwi Yulianto, Peri Sandria, dan Eri Irianto sudah cukup untuk membungkam Kamboja dan membawa timnas Indonesia menjadi juara kumpulan dan lolos ke semifinal.

Kamboja sendiri mengakhiri turnamen sebagai juru kunci tanpa poin dan hanya mencetak satu gol. Sementara timnas Indonesia merebut tempat keempat pasca dikalahkan Vietnam dalam play-off juara tiga.