Bola Internasional

5 Pelatih Timnas Indonesia dengan Rekor Terbaik di Piala AFF, Shin Tae-yong Tatap Takhta Tertinggi?

Jumat, 23 Desember 2022 15:22 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© PSSI
Piala AFF 2022 adalah edisi ke-14 Piala AFF bagi timnas Indonesia yang masih penasaran untuk mengangkat trofi juara. Foto: PSSI Copyright: © PSSI
Piala AFF 2022 adalah edisi ke-14 Piala AFF bagi timnas Indonesia yang masih penasaran untuk mengangkat trofi juara. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Piala AFF 2022 adalah edisi ke-14 Piala AFF bagi timnas Indonesia yang masih penasaran untuk mengangkat trofi juara.

Selalu menjadi favorit di tiap kesempatan dan didukung oleh suporter yang fanatik, memang mengherankan kenapa Tim Garuda tidak pernah menjadi yang terbaik di kawasan Asia Tenggara.

Padahal tidak ada perbedaan postur yang timpang antara satu negara ASEAN dan lainnya sehingga alasan faktor alam tidak sah untuk menjelaskan fenomena ini.

Paling banter timnas Indonesia hanya bisa melaju sampai ke final namun kemudian terjatuh saat trofi yang dinantikan sudah di depan mata. Kendati demikian apresiasi tetap perlu diberikan bagi para manajer yang sudah mengantarkan prestasi tersebut.

Berikut ini adalah empat pelatih timnas Indonesia yang dapat meraih sukses dengan menjadi runner-up Piala AFF. Diharapkan Shin Tae-yong bisa memutus kutukan ini dan membawa pulang trofi Piala Dunia 2022.

1. Nandar Iskandar

Sebuah kehormatan bagi Nandar Iskandar karena ia adalah satu-satunya pelatih lokal yang bisa masuk dalam daftar ini.

Ia ditugaskan oleh PSSI untuk memimpin timnas Indonesia di Piala AFF 2000 yang saat itu masih menggunakan format Piala Tiger. Sebelumnya Nandar sudah membawa Merah-Putih memenangi Piala Merdeka di tahun yang sama.

Berbekal nama-nama legendaris seperti Aji Santoso, Kurniawan Dwi Yulianto, Gendut Doni, dan Uston Nawawi, Nandar Iskandar bisa membawa skuatnya menuju final.

Sayangnya Thailand terlalu kuat untuk dikalahkan dan timnas Indonesia justru menyerah 4-1.

Dalam tempo setengah jam saja The War Elephant sudah mampu melesakkan tiga gol lewat hattrick dari Worrawoot Srimaka. Jadilah Garuda membawa pulang medali perak pertamanya dari Piala AFF.