Bola Internasional

Profil Nanda Kyaw, Pemain Terusir Pertama Piala AFF 2022 yang Pernah Hancurkan Timnas Indonesia U-19

Minggu, 25 Desember 2022 09:49 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Instagram@nandakyaw_nd5
Nanda Kyaw, pemain pertama asal Myanmar yang terusir dari Piala AFF 2022 ternyata pernah menjadi mimpi buruk Timnas Indonesia U-19 era Evan Dimas. (Foto: Instagram@nandakyaw_nd5) Copyright: © Instagram@nandakyaw_nd5
Nanda Kyaw, pemain pertama asal Myanmar yang terusir dari Piala AFF 2022 ternyata pernah menjadi mimpi buruk Timnas Indonesia U-19 era Evan Dimas. (Foto: Instagram@nandakyaw_nd5)

INDOSPORT.COM – Nanda Kyaw (Kyaw Min Oo), pemain pertama asal Myanmar yang terusir dari Piala AFF 2022 ternyata pernah menjadi mimpi buruk Timnas Indonesia U-19 era Evan Dimas. Seperti apa sosoknya?

Kartu merah pertama kalinya dikeluarkan di Piala AFF 2022. Kartu merah ini diterima Nanda Kyaw dalam laga Singapura vs Myanmar yang digelar hari Sabtu (24/12/22) di Stadion Jalan Besar, Kallang.

Nanda Kyaw diketahui terlibat duel dengan salah satu pemain Singapura, Shah Shahiran. Memasuki menit ke-80, Shah Shahiran dan Nanda Kyaw terjatuh dalam duel perebutan bola.

Shahiran kemudian mendorong Nanda Kyaw. Sementara Nanda Kyaw tersulit emosi dan akhirnya menyarangkan pukulan ke arah perut Shahiran.

Shahiran pun terjatuh akibat pukulan Nanda Kyaw. Para pemain dari kedua kubu bergegas mendekati tempat kejadian dan nyaris memanaskan keributan.

Wasit asal Korea Selatan, Kim Jong-hyeok akhirnya turun tangan untuk meredakan suasana. Dia mengeluarkan kartu merah langsung untuk Nanda Kyaw.

Para pemain Myanmar sempat protes lantaran tidak terima dengan kartu merah tersebut namun wasit tetap teguh pada keputusannya.

Pada akhirnya, Myanmar yang bermain dengan 10 pemain selama 10 menit akhir menelan pil pahit usai karena dikalahkan Singapura, 3-2.

Tiga gol Singapura dicetak oleh Ilhan Fandi, Shah Shahiran, dan Shawal Anuar. Sedangkan dua gol Myanmar dicetak oleh Maung Maung Lwin.

Hasil ini membuat Myanamr tertahan di posisi keempat dengan 0 poin dari 2 pertandingan, setelah di laga sebelumnya mereka juga kalah dari Malaysia,

Usai pertandingan Singapura vs Myanamr ini, sosok Nanda Kyaw pun mencuri perhatian netizen. Rupanya, dia adalah pemain berpengalaman di timnas Myamnar.