Bola Internasional

Perdana Bertemu di Piala AFF, Timnas Indonesia Punya Rekor Mentereng Lawan Brunei

Senin, 26 Desember 2022 13:00 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Al Ridho Jevin Saputra/INDOSPORT
Timnas Indonesia selalu berjaya dengan meraih kemenangan besar saat berhadapan dengan Brunei Darussalam di berbagai turnamen sepak bola termasuk Piala AFF. Copyright: © Al Ridho Jevin Saputra/INDOSPORT
Timnas Indonesia selalu berjaya dengan meraih kemenangan besar saat berhadapan dengan Brunei Darussalam di berbagai turnamen sepak bola termasuk Piala AFF.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia selalu berjaya dengan meraih kemenangan besar saat berhadapan dengan Brunei Darussalam di berbagai turnamen sepak bola termasuk Piala AFF. 

Turnamen sepak bola terbesar di kawasan Asia Tenggara, Piala AFF 2022, akan kembali bergulir tahun ini mulai Selasa, 20 Desember hingga Senin, 16 Januari 2023 mendatang.

Sejumlah negara peserta terus melakukan persiapan termasuk timnas Indonesia. Tim besutan pelatih Shin Tae-yong itu saat ini sedang melakukan pemusatan latihan atau TC.

Namun persiapan sedikit terganggu karena sejumlah masalah, mulai dari padatnya agenda Shin Tae-yong hingga liburnya kompetisi lokal, Liga 1.

Seperti kita ketahui, Shin Tae-yong juga sedang membagi fokus ke timnas Indonesia U-19, dalam persiapan tampil di Piala Asia dan Piala Dunia U-20 2023.

Belum lagi masalah lainnya yang harus segera dibereskan adalah kondisi stamina para pemain, karena Liga 1 terhenti beberapa pekan lalu.

Sehingga sampai saat ini, TC para pemain Timnas Indonesia masih sebatas genjotan fisik untuk mengembalikan kebugaran para pemain, belum memasuki agenda taktikal.

"Seperti yang coach shin sampaikan bahwa 10 hari pertama kita fokus ke fisik dasar," ucap Fachrudin di akun Youtube PSSI.

"Kemarin juga ada sirkuit untuk penguatan daya tahan tubuh kita," tambah Fachruddin.

Untuk format Piala AFF 2022 sendiri, dipastikan digelar dengan format yang berbeda dibanding edisi 2020 lalu. 

Pada edisi sebelumnya, ada banyak penyesuaian yang dibuat AFF lantaran masih dalam pandemi Covid-19.

Sedangkan untuk tahun ini sedikit berbeda, karena turnamen akan berlangsung dengan sistem tandang-kandang.

Total 10 negara Asia Tenggara yang akan perpartisipasi yang telah dibagi menjadi dua grup A dan B.

Untuk undian babak penyisihan Grup Piala AFF 2022 sendiri sudah dilaksanakan sejak Agustus lalu. Hasilnya, Timnas Indonesia tergabung di grup A bersama Kamboja, Filipina, Thailand dan Brunei Darussalam.

Pertandingan perdana Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Kamboja, selanjutnya melawan Brunei Darussalam.

Bagi Skuat Garuda, melawan Brunei Darussalam bisa jadi pertandingan yang bagus untuk mendulang poin.

Sebab calon lawannya itu bisa dibilang kekuatan sepak bolanya masih sangat lemah dibanding Timnas Indonesia di Piala AFF.

Buktinya, Brunei Darussalam untuk bermain di Piala AFF 2022 saja harus melalui jalur play-off melawan Timor Leste.

Timnas Indonesia pun berpotensi menang besar atas Brunei Darussalam di Piala AFF 2022 seperti tiga laga sebelumnya.

Brunei Darussalam 0-5 Timnas Indonesia

Timnas Indonesia sukses meraih kemenangan besar saat melakoni laga uji coba melawan Brunei Darussalam pada Rabu, 26 September 2012 lalu.

Bermain di Stadion Nasional Hassanal Bolkiah, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, dan disaksikan seglintir warga Tanah Air di sana, Skuad Garuda menang 5-0.

Irfan Bachdim saat itu jadi bintang lapangan karena mencetak tiga gol atau hattrick di menit ke-25, 51, dan 72.

Sedangkan dua gol lain dicetak pemain-pemain Semen Padang, Vendri Mofu, pada menit ke-45, dan Hendra Adi Bayauw di menit ke-63.

SEA Games 1989

Kali ini Timnas Indonesia menantang Brunei Darussalam di turnamen resmi, SEA Games 1989 di Kuala Lumpur, Malaysia, pada cabang olahraga sepak bola.

Laga terlaksana di Stadion Cheras pada 21 Agustus 1989 dan skuad Garuda menang besar dengan skor 6-0.

Striker Mustaqim membuat hat-trick dalam laga ini. Dua gol lagi sumbangan I Made Pasek Wijaya. Jaya Hartono ikut membuat satu gol ke gawang Brunei.

SEA Games 1977

Sebelum era 2000an, cabang olahraga sepak bola SEA Games selalu menurunkan tim senior dari masing-masing negara peserta.

Termasuk pada SEA Games 1977. Para pemain terbaik dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia senior di ajang multi event itu.

Indonesia pertama kali bersua Brunei dan skuad Garuda menang 4-0 di Stadium Merdeka, Kuala Lumpur, Malaysia.

Laga fase grup ini pada 22 November 1977 dan gol Indonesia dicetak masing-masing dua oleh Iswadi Idris dan Andi Lala.

Artikel ini disponsori oleh Indomie. Supaya nonton pertandingan timnas Indonesia semakin semangat, jangan lupa beli DI SINI Indomie Hypeabis Kebab Rendang. MIX Asiks Kebab Turki dan Rendang Padang yang gurih nge-MIXAsiks di Indomie Hyepeabis Kebab Rendang, makin bikin pertandingan kelas dunia makin Asiks lho!