Liga Inggris

3 Penyerang yang Digaet Liverpool dari Eredivisie Sebelum Cody Gakpo: Hanya 1 yang Jadi Legenda

Selasa, 27 Desember 2022 10:25 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Photo Prestige/Soccrates/Getty Images
Selebrasi Cody Gakpo, pemain PSV Eindhoven. Foto: Prestige/Soccrates/Getty Images Copyright: © Photo Prestige/Soccrates/Getty Images
Selebrasi Cody Gakpo, pemain PSV Eindhoven. Foto: Prestige/Soccrates/Getty Images

INDOSPORT.COM – Sebelum Cody Gakpo, Liverpool tercatat hanya tiga kali memboyong penyerang dari Liga Belanda (Eredivisie). Bagaimana kiprah ketiga penyerang itu?

Liverpool membuat gebrakan jelang dibukanya bursa transfer musim dingin 2023 pada Januari nanti, dengan resmi memboyong Cody Gakpo dari PSV Eindhoven.

Semula, tak ada yang menyadari bahwa The Reds, julukan Liverpool, akan memboyong pemain berusia 23 tahun tersebut.

Maklum saja. Nama Cody Gakpo lebih santer diberitakan akan bergabung rival abadi Liverpool, Manchester United, sejak musim panas 2022 lalu.

Akan tetapi, lambatnya pergerakan Manchester United membuat Liverpool pun mengambil kesempatan untuk meresmikannya.

Dan kesepakatan pun akhirnya terjadi. PSV Eindhoven secara resmi mengumumkan bahwa Cody Gakpo akan menjadi pemain Liverpool per Januari 2023 nanti.

Disebutkan bahwa PSV rela melepas Cody Gakpo setelah Liverpool berani membayar mahal untuk dirinya, yang menjadikannya pemain termahal yang pernah dilepas klub papan atas Eredivisie itu.

Pakar transfer Fabrizio Romano menyebutkan, Liverpool menggelontorkan dana total sebesar 50 juta poundsterling (Rp943 miliar) dengan rincian 37 juta sebagai pembayaran di muka dan 13 juta sebagai bonus.

Kehadiran Cody Gakpo pun membuat lini serang Liverpool kian tajam. Sebab, penyerang berdarah Togo ini telah mencetak 12 gol dan 15 assist dari 19 laga musim ini.

Terlepas dari hal tersebut, Cody Gakpo akan menjadi penyerang keempat yang digaet Liverpool dari Liga Belanda (Eredivisie). Siapa saja bomber yang digaet The Reds sebelumnya dan bagaiman kiprahnya?