Bola Internasional

Jelang Piala Dunia U-20 2023, Ivar Jenner Akhirnya Debut di Tim Senior FC Utrecht

Selasa, 27 Desember 2022 19:33 WIB
Penulis: Martini | Editor: Subhan Wirawan
© PSSI
Calon pemain naturalisasi, Ivar Jenner telah bergabung dengan TC Timnas Indonesia U-20 di Turki. Copyright: © PSSI
Calon pemain naturalisasi, Ivar Jenner telah bergabung dengan TC Timnas Indonesia U-20 di Turki.

INDOSPORT.COM - Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia U-20, Ivar Jenner akhirnya menjalani debut bersama tim senior FC Utrecht pada Jumat (23/12/22).

Sebagaimana diketahui, Ivar Jenner adalah satu dari tiga pemain keturunan Indonesia di Eropa yang menjalani proses naturalisasi.

Selain Ivar Jenner, pemain berdarah Indonesia lainnya yang sedang diajukan proses naturalisasinya yaitu Justin Hubner dan Rafael Struick, keduanya dari Belanda.

Program naturalisasi ini bermuara pada keikutsertaan Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei hingga 11 Juni, dengan status sebagai tuan rumah.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong tidak mau sembarang memilih. Ia memiliki kriteria khusus tentang siapa saja yang akan dinaturalisasi untuk membela Garuda Muda.

Salah satunya adalah Ivar Jenner, walaupun kala itu ia belum menjalani debut bersama FC Utrecht, tetapi saat mengikuti uji coba di Timnas Indonesia, kualitasnya mulai terlihat.

Kini, Ivar Jenner akhirnya naik level jelang keikutsertaannya di Piala Dunia U-20 2023. Ia resmi menjalani debut di tim FC Utrecht, tim Eredivisie atau kasta kedua di Belanda.

Kala itu, FC Utrecht sedang menjalani laga uji coba dengan peserta Eredivisie lainnya, yakni FC Groningen, Jumat (23/12/22) lalu.

Ivar Jenner yang baru dipanggil dari Jong Utrecht, masuk sebagai pemain pengganti di menit 81, menggantikan Tasos Daouvikas.

Hanya saja, debut Ivar Jenner itu berakhir dengan kurang bahagia. Sebab, FC Utrecht harus mengakui keunggulan Groningen, dan kalah 0-3 di Sportcomplex Zoudenbalch.