Liga Indonesia

Risk Assessment Mabes Polri Sambangi Markas Bali United, Sinyal Positif Lanjutan Liga 1

Rabu, 28 Desember 2022 15:43 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Bali United
Tampilan baru Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar setelah direnovasi. Copyright: © Bali United
Tampilan baru Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar setelah direnovasi.

INDOSPORT.COM - Bali United kedatangan tamu spesial pekan ini. Ada tim risk assessment Mabes Polri yang hadir buat mengecek kelayakan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, menuju lanjutan Liga 1 Indonesia 2022-2023.

Banyak klub memang menginginkan Liga 1 berjalan dengan sistem kandang-tandang lagi. Pasalnya, sistem bubble membuat semua kontestan serasa dijatuhi "hukuman" yang sama imbas Tragedi Kanjuruhan.

Selain itu, sistem bubble juga membuat suporter hanya menyaksikan laga dari layar kaca saja. Padahal, para pemain lebih bersemangat saat ada penonton di tribun.

Belum ada keputusan dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) terkait lanjutan Liga 1 2022-2023, apakah menggunakan sistem kandang-tandang atau bubble lagi

Namun, ada sinyal positif menuju kelanjutan Liga 1. Mabes Polri kini memiliki tim risk assessment untuk menentukan kelayakan sebuah venue olahraga yang melibatkan banyak orang.

Mereka mengunjungi Bali United pada Selasa (27/12/22) hingga Rabu (28/12/22). Tim risk assessment Mabes Polri dipimpin oleh Kombes Pol Yacobus Sukirno, didampingi Kombes Pol Harri Sindu Nugroho, Kompol Agus Indrianto, Mangasa Ritonga, dan Deka Satya Ardaputra.

Tim risk assessment dari Mabes Polri datang dengan pendampingan dari Polda Bali, manajemen Bali United, pemerintah Gianyar, PUPR Gianyar, Dinas Kesehatan, Damkar dan BPBD Gianyar.

Tim ini terbentuk berdasarkan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022. Tim ini bertugas penilaian risiko yang bertujuan menghadirkan rasa aman di lingkungan venue olahraga, termasuk stadion.

Kehadiran tim dari Mabes Polri ini mendapat sambutan positif dari Bali United. Ketua Panpel I Ketut Suantika mengapresiasi langkah Mabes Polri yang turut mendukung pelaksanaan kompetisi sepak bola Tanah Air.

"Kami dari manajemen Bali United dan panitia pelaksana Stadion Kapten I Wayan Dipta berharap kegiatan ini menuai hasil yang baik terhadap penilaian stadion ini," kata Ketut Suantika, Selasa (27/12/22).