In-depth

Timnas Indonesia vs Thailand: Demi Garuda Menang, 3 Bintang Liga Asing Ini Wajib Dimainkan STY

Rabu, 28 Desember 2022 21:07 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© PSSI
Demi menang di laga Piala AFF 2022 Timnas Indonesia vs Thailand, pelatih Shin Tae-yong tampaknya wajib memainkan tiga bintang liga asing milik skuad Garuda. Copyright: © PSSI
Demi menang di laga Piala AFF 2022 Timnas Indonesia vs Thailand, pelatih Shin Tae-yong tampaknya wajib memainkan tiga bintang liga asing milik skuad Garuda.

INDOSPORT.COM – Mengusung misi menang di big match Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia vs Thailand, pelatih Shin Tae-yong tampaknya wajib memainkan tiga bintang liga asing milik skuad Garuda.

Pada Kamis (29/12/22) mendatang, Timnas Indonesia akan menjamu musuh bebuyutannya, Thailand dalam lanjutan penyisihan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Jelang pertemuan kedua tim, baik Indonesia dan Thailand saat ini sama-sama memimpin klasemen Grup A dengan koleksi 6 poin, setelah menang dua pertandingan.

Namun, Timnas Thailand kini lebih berhak menduduki puncak klasemen karena unggul agregat +9 gol, sementara Indonesia +8 gol.

Dengan demikian, siapa pun yang menang dalam laga yang dihelat di GBK nanti, akan menjadi pemuncak klasemen dan hampir pasti meraih tiket ke semifinal Piala AFF.

Para penggawa Garuda harus benar-benar fokus untuk laga ini. Euforia kemenangan atas Brunei mesti diredam. Pasalnya, level Brunei jelas berada jauh di bawah Thailand.

Faktanya, terakhir kali Timnas Indonesia bisa menang atas Thailand yakni pada first leg final Piala AFF 2016, dengan skor 2-1. Gol dari Rizky Pora dan Hansamu Yama.

Setelahnya, skuat Garuda lebih sering tumbang. Indonesia tercatat mengalami empat kekalahan dan dua imbang kontra Thailand, sejak kemenangan terakhir di tahun 2016.

Namun pada gelaran Piala AFF kali ini, Timnas Indonesia mempunyai skuad yang jauh lebih mumpuni lantaran ada beberapa pemain yang sedang berkompetisi di luar negeri.

Berbekal pengalaman tampil di liga yang lebih baik serta menghadapi lawan lebih tangguh ketimbang kompetisi lokal, para pemain tersebut diharapkan bisa membantu Timnas Indonesia kalahkan Thailand.

Untuk itu, berikut INDOSPORT rangkum tiga pemain liga asing di Timnas Indonesia yang wajib dimainkan demi amankan kemenangan atas Thailand di Piala AFF 2022: