Liga Indonesia

INDOSPORT Rewind 2022: Bali United Cetak Rekor, Timnas ke Piala Dunia dan Duka Kanjuruhan

Kamis, 29 Desember 2022 12:35 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Kejadian menarik sepak bola nasional terjadi sepanjang tahun 2022 ini, mulai dari Bali United dan Timnas Indonesia yang ciptakan rekor hingga duka Kanjuruhan. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Kejadian menarik sepak bola nasional terjadi sepanjang tahun 2022 ini, mulai dari Bali United dan Timnas Indonesia yang ciptakan rekor hingga duka Kanjuruhan.

INDOSPORT.COM – Terdapat sejumlah kejadian menarik di sepak bola nasional yang terjadi sepanjang tahun 2022 ini, mulai dari Bali United dan Timnas Indonesia yang ciptakan rekor hingga duka mendalam atas Tragedi Kanjuruhan.

Memulai agenda di tahun 2022, Timnas Indonesia yang berusaha bangkit usai pandemi Covid-19 di seluruh dunia, sukses torehkan tinta manis dengan menjadi runner up Piala AFF 2020.

Meski secara prestasi, hal tersebut tidak bisa dibanggakan lantaran Timnas Indonesia sudah cukup sering gagal di partai final Piala AFF, namun berkaca dari persiapan skuad Garuda yang terkendala pandemi, catatan itu bisa dibilang cukup baik.

Di kompetisi lokal, Bali United berhasil ciptakan rekor pada tahun 2022 ini dengan menjuarai Liga 1 musim 21/22.

Ini merupakan gelar kedua Bali United secara beruntun, yang sekaligus membuat Laskar Tridatu pecahkan rekor sebagai tim pertama mampu meraih dua gelar juara Liga 1 secara berturut-turut.

Memasuki pertengahan tahun 2022, para pecinta sepak bola nasional dibuat bangga dan bahagia dengan pencapaian Timnas Indonesia yang berhasil lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia lolos dari kualifikasi Grup A setelah raih kemenangan 2-1 atas tuan rumah Kuwait, menang 7-0 melawan Nepal dan kalah tipis 1-0 dari Jordania.

Selang beberapa bulan, lagi-lagi publik pecinta sepak bola Indonesia bergembira usai Timnas U-19 mengikuti langkah sang senior dengan lolos ke putaran final Piala Asia U-19.

Namun sayang, suka cita dan euphoria keberhasilan Timnas Indonesia tersebut tercoreng dengan tragedi Kanjuruhan yang menyebabkan ratusan korban jiwa meninggal.

Terjadi kerusuhan pasca laga Arema FC vs Persebaya di Liga 1. Kejadian tersebut mengakibatkan 135 orang tewas. Akibat tragedi ini, liga 1 vakum selama lebih dari 2 bulan.

Selain moment yang terangkum diatas, masih ada beberapa kejadian menarik yang terjadi di sepak bola nasional sepanjang tahun 2022 ini. Untuk lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT coba mengulas: