Bola Internasional

Memori Fase Grup Piala AFF 2010, Kemenangan Langka Timnas Indonesia atas Thailand

Kamis, 29 Desember 2022 16:35 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Getty Images
Piala AFF 2010 memang hanya berakhir dengan predikat runner-up bagi timnas Indonesia namun tetap patut dikenang karena adanya sukses penaklukkan Thailand. Copyright: © Getty Images
Piala AFF 2010 memang hanya berakhir dengan predikat runner-up bagi timnas Indonesia namun tetap patut dikenang karena adanya sukses penaklukkan Thailand.

INDOSPORT.COM - Piala AFF 2010 memang hanya berakhir dengan predikat runner-up bagi timnas Indonesia namun tetap patut dikenang karena adanya sukses penaklukkan Thailand.

Kala itu timnas Indonesia sedang diliputi harapan besar untuk menjadi raja Asia Tenggara untuk kali pertama.

Pasalnya ada amunisi tambahan berupa seorang bintang naturalisasi bernama Cristian Gonzalez, bomber subur kelahiran Uruguay yang memilih membela Garuda setelah bermain di Liga Indonesia dan melegenda di sana.

Juga ada Irafn Bachdim, pemain versatile keturunan berdarah Belanda itu akhirnya menjalani turnamen pertama dalam warna Merah-Putih.

Namun Alfred Riedl selaku pelatih kepala tidak hanya diberkati dengan duet Gonzalez dan Irfan saja di lini depan.

Ia juga banyak memanggil pemain-pemain muda berbakat seperti Okto Maniani, Ahmad Bustomi, Yongki Aribowo, Tony Sucipto, dan Kurnia Meiga.

Nama-nama tersebut dipadukan dengan para veteran berpengalaman macam Maman Abdurahman, Hamka Hamzah, Firman Utina, Bambang Pamungkas, juga Mohammad Nasuha, dan Muhammad Ridwan.

Budi Sudarsono pun sebenarnya bisa ikut ke Piala AFF 2010 namun striker berjuluk Si Piton itu harus mundur karena cedera.

Optimisme fans timnas Indonesia membumbung tinggi usai membantai Malaysia (5-1) dan Laos (0-6) di fase grup.

Hanya saja Thailand yang tengah menjalani turnamen buruk masih menyisakan rasa gentar jelang pertemuan di Gelora Bung Karno, 7 Desember 2010.