Bola Internasional

Keajaiban Pele: Cetak Rekor Sensasional di Piala Dunia hingga Hentikan Perang Saudara

Jumat, 30 Desember 2022 13:12 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Louafi Larbi/File Photo
Legenda Brasil, Pele. (Foto: REUTERS/Louafi Larbi/File Photo) Copyright: © REUTERS/Louafi Larbi/File Photo
Legenda Brasil, Pele. (Foto: REUTERS/Louafi Larbi/File Photo)

INDOSPORT.COM - Pele tak hanya menjadi pesepakbola yang subur trofi penghargaan. Tapi, legenda asal Brasil itu juga memiliki sejumlah keajaiban, salah satunya bisa hentikan perang saudara.

Siapa yang tidak kenal dengan nama Pele, legenda sepak bola asal Brasil yang menginspirasi pemain-pemain bintang seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Pele dikabarkan meninggal dunia di usianya yang ke-82 tahun di Rumah Sakit Albert Einstein, Sao Paulo, Kamis (29/12/22) dini hari WIB.

Sebelum menghembuskan nafas terakhir, Pele sempat mendapat perawatan intensif dan berjuang melawan penyakit usus yang dideritanya sejak 2021.

Pemilik nama asli Edson Arantes do Nascimento itu merupakan sosok legenda sepak bola terbaik sepanjang masa. Pele menjajaki 18 tahun awal karier profesionalnya di Santos, di mana ia melakoni debut saat berusia 15 tahun.

Kala itu, dirinya berhasil membukukan 618 gol dari total penampilan sebanyak 636 kali bersama Santos. Namanya mulai dikenal dunia saat menginjak 17 tahun.

Di usianya yang masih terbilang sangat muda, Pele sudah bergabung dengan Timnas Brasil dan berakhir sukses dengan menyandang juara Piala Dunia tahun 1958.

Pria kelahiran 23 Oktober 1940 itu juga mengukir sejumlah rekor, diantaranya mampu menjuarai Piala Dunia sebanyak tiga kali, yakni pada tahun 1958, 1962 dan 1970.

Tak hanya itu, Pele juga menjadi top skor atau pencetak gol terbanyak Brasil dengan akumulasi 77 gol dalam 92 pertandingan.

Selain meraih banyak penghargaan, kaki Pele ternyata memunculkan sejumlah keajaiban nyata. Berikut tiga keajaiban yang dibuat oleh legenda asal Brasil tersebut.