Bola Internasional

Rekor Menakjubkan Pele Sang legenda Brasil Punya Catatan 1000 Gol, Lampaui Messi dan Ronaldo?

Jumat, 30 Desember 2022 12:15 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Louafi Larbi/File Photo
Legenda Brasil, Pele. (Foto: REUTERS/Louafi Larbi/File Photo) Copyright: © REUTERS/Louafi Larbi/File Photo
Legenda Brasil, Pele. (Foto: REUTERS/Louafi Larbi/File Photo)

INDOSPORT.COM – Meski telah berpulang, namun nama Pele dan sederet catatan menterengnya tetap abadi termasuk memiliki lebih dari 1000 gol, yang diklaim melampaui rekor Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Dunia sepak bola kini sedang berduka seiring kabar mengejutkan sang legenda asal Brasil, Edson Arantes do Nascimento alias Pele telah meninggal dunia pada Kamis (29/12/22) waktu setempat.

Pele meninggal dunia di usia 82 tahun, usai cukup lama menghabiskan waktu di rumah sakit karena menderita penyakit kanker usus besar.

Kabar duka ini pun langsung menyita perhatian dunia, di mana tim dan para pesepak bola termasuk Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo turut memberikan ucapan belasungkawa atas kematiannya.

Nama Pele tentu akan dikenang dalam sejarah dunia sepak bola, termasuk deretan catatan mentereng yang telah ditorehkannya.

Salah satunya iala Pele berhasil mencetak lebih dari 1000 gol sepanjang kariernya sebagai seorang Gretest of All The Time (GOAT) dalam dunia si kulit bundar.

Pele sudah mencetak lebih dari 1000 gol meski angka tersebut masih menjadi perdebatan beberapa sumber karena jumlahnya berbeda-beda.

Pele diklaim sudah mengemas 1.281 gol dalam 1.363 laga yang pernah dilakoninya baik di ajang resmi maupun tak resmi. Sedangkan Pele sendiri pernah mengaku sudah mencetak 1.283 sepanjang hidupnya.

Jumlah gol dari ajang tak resmi ini didapatkan legenda Timnas Brasil itu dari laga persahabatan bersama New York Cosmos dan terutama dengan Santos.

Catatan luar biasa yang dimiliki oleh Pele pun disebut catatan gol paling banyak di jagat sepak bola. Namun apakah Pele memang melampaui rekor milik Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo yang juga sudah menjalani lebih dari 1000 laga?